Antoine Mekary | ALETEIA
Antoine Mekary | ALETEIA

Gereja Stasi Hari 26:

Santa Helena membawa relikui penderitaan Kristus ke Roma dari Tanah Suci. Aleteia mengundang Anda mengikuti ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi Roma: satu gereja per hari, dari 17 Februari hingga 11 April.

Nama kunonya hanyalah Hierusalem. Basilika Salib Suci (Santa Croce) di Yesusalem (di Roma, bukan Yerusalem) terkenal karena menyimpan relikui-relikui Sengsara Kristus yang dibawa ke Roma dari Tanah Suci tahun 326 oleh Permaisuri Helena, ibu dari Konstantinus. Dikatakan bahwa dia telah mengisi sebuah kapal dengan tanah dari tempat-tempat suci.

Tanah ini diletakkan di bawah lantai “Istana Sessorian”, yang menjadi Kapel Santa Helena. Itu adalah tanah suci, maka dalam rekonstruksi tahun 1743 lantai kapel itu tidak tersentuh, bahkan untuk masuk ke dalamnya saat ini Anda harus turun beberapa anak tangga.

Lukisan dinding berbentuk apse menggambarkan penemuan relikui-relikui Salib, menurut kisah Legenda Emas: Santa Helena menyentuh seorang pria yang mati dengan kayu dari tiga salib itu, dan ketika pria itu bersentuhan dengan Salib Sejati, dia dibangkitkan.

Basilika telah mengalami beberapa kali renovasi. Penampilannya saat ini berasal dari abad ke-18. Dalam restorasi di abad ke-15 ditemukan “Titulus Crucis,” tanda yang ditempatkan pada salib Yesus, bersama tulisan yang dipilih oleh Pilatus. Teks itu ditulis dalam karakter Ibrani, Yunani, dan Latin: “I. NAZARINVS RE [X IVDAEORVM].”

Saat ini relikui-relikui itu disimpan di kapel yang dapat diakses melalui gang yang menanjak, simbol pendakian ke Kalvari. Dalam tempat simpan relikui-relikui itu disimpan tiga fragmen “Salib Sejati,” dua duri dari Mahkota, paku yang suci dan “Titulus Crucis.” Seiring waktu, diitambahkan fragmen-fragmen dari gua Betlehem, Makam Suci dan tiang pencambukan, salib dari Pencuri yang Baik dan tulang jari Santo Thomas.

Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya, hai semua yang orang yang mencintainya!” (Yes 66,10)

* Bekerja sama dengan Kantor Komunikasi Sosial Vikariat Roma.

 (PEN@ Katolik/paul c pati/Marinella Bandini/Aleteia)

Basilika Salib Suci di Yerusalem (bagian depan). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem (bagian depan). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Patung Santa Helena di atas bagian depan. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Patung Santa Helena di atas bagian depan. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem (interior). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem (interior). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem (mosaik apse). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem (mosaik apse). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Siklus fresko pada penemuan Salib Sejati (detail). Menurut Legenda Emas, seorang pria bangkit dari kematian setelah disentuh oleh kayu Salib Sejati. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Siklus fresko pada penemuan Salib Sejati (detail). Menurut Legenda Emas, seorang pria bangkit dari kematian setelah disentuh oleh kayu Salib Sejati. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Gang yang mengarah ke Kapel Relikui miring ke atas untuk mengingatkan pendakian ke Kalvari. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia ." © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Gang yang mengarah ke Kapel Relikui miring ke atas untuk mengingatkan pendakian ke Kalvari. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia .”
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem Kapal Relikui). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah miliki Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem Kapal Relikui). Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah miliki Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Relikui Salib Sejati. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Relikui Salib Sejati. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. “Titulus Crucis,” tanda yang digantung pada Salib Yesus dengan tulisan yang dipilih oleh Pilatus: “Yesus orang Nazareth, Raja Orang Yahudi.” Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. “Titulus Crucis,” tanda yang digantung pada Salib Yesus dengan tulisan yang dipilih oleh Pilatus: “Yesus orang Nazareth, Raja Orang Yahudi.” Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
 Basilika Salib Suci di Yerusalem. Relikui duri-duri dari Mahkota Duri. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA

Basilika Salib Suci di Yerusalem. Relikui duri-duri dari Mahkota Duri. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Relikui dari satu paku Penyaliban. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Salib Suci di Yerusalem. Relikui dari satu paku Penyaliban. Basilika Salib Suci di Yerusalem adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA

Artikel Terkait:

Gereja Santa Susanna yang menolak seorang pangeran

Basilika Santo Laurensius di Lucina: alat pemanggang dan rantainya ada di sini

Setengah Prapaskah: Basilika Santo Kosmas dan Santo Damianus

Di sini Santo Petrus menjadi tamu: Basilika Santa Pudensiana

Di luar tembok tetapi di dalam hati Gereja: Basilika Santo Lauresius

Gereja Maselinus dan Petrus: para martir yang muncul dalam mimpi

Basilika Santo Vitalis di Fovea: sebuah basilika keluarga

Minyak ajaib atau air tercemar: kunjungan virtual ke Basilika Santa Maria di Trastevere

Basilika Santa Cecilia di Trastevere: dibangun di atas rumah martir itu

Basilika Santa Balbina: martir yang disembuhkan oleh rantai Santo Petrus

Kunjungan virtual ke Basilika Santo Klemens: sebuah perjalanan melintasi waktu

Basilika Santa Maria di Domnica: kapal dan tabut

Datang ke pusat Gereja: mengunjungi Basilika Santo Petrus

Basilika 12 Rasul: bersama Rasul Filipus dan Rasul Yakobus

Gereja Santo Laurensius di Jalan Roti dan Ham

Basilika Santa Maria Maggiore, bunda dan pelindung kami

Berdoa di depan jubah Santo Yosef di Basilika Santa Anastasia

Basilika Santo Petrus dalam Rantai: ada rantai penahan Santo Petrus dan patung Moses

Prapaskah pernah dimulai hari Minggu Basilika Santo Yohanes Lateran

Berdoa secara virtual di Basilika Santo Agustinus, tempat Santa Monica beristirahat

Yohanes dan Paulus, pejabat-pejabat Romawi yang menjadi martir

Serigala betina atau naga? Gereja San Giorgio di Velabro

Aleteia ajak ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi di Roma satu gereja per hari

Santa Sabina, tempat Santo Dominikus harus hindari batu yang dilempar oleh iblis

 

Tinggalkan Pesan