Antoine Mekary | ALETEIA
Antoine Mekary | ALETEIA

Gereja Stasi Hari 18:

Mereka dibunuh di hutan sehingga mereka tidak akan pernah ditemukan. Tuhan memandang perlu untuk campur tangan. Aleteia mengundang Anda melakukan ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi Roma: satu gereja per hari, dari 17 Februari hingga 11 April.

Penganiaya membunuh mereka di tempat yang disebut “Hutan Hitam” dan berpikir setiap jejak mereka akan hilang selamanya. Namun, nama Marselinus dan Petrus masih hidup, dan daerah dekat Roma itu masih disebut “Selva Candida” (Hutan Putih) untuk menghormati mereka.

Paus Damasus mewariskan kisah kemartiran mereka, yang dia dengar dari algojo mereka sendiri, yang kemudian menjadi Kristen. Belakangan, Paus Vigilius memasukkan nama mereka dalam Kanon Misa.

Eksorsis Petrus dan imam Marselinus mengalami kemartiran tahun 304. Mereka disiksa, dipaksa menggali kuburan mereka sendiri, dan kemudian dipenggal di hutan. Pada malam yang sama, keduanya muncul dalam mimpi kepada wanita Romawi yang kaya Lucilla dan menunjukkan padanya tempat kemartiran mereka. Dari sini jenazah dibawa ke katakombe “Ad Duas Lauros” di luar tembok kota.

Kini tempat itu disebut Katekombe Santo Marselinus dan Santo Petrus, meskipun mayat kedua martir itu telah berada di Jerman sejak abad ke-9.

Gereja yang didedikasikan untuk Santo Marselinus dan Santo Petrus di dalam tembok Roma berasal dari abad ke-5. Kedua martir itu muncul dalam lukisan dinding di atas altar, yang berasal dari abad ke-18 ketika gereja dibangun kembali sepenuhnya, dan beberapa relikui mereka disimpan di sini. Dalam ingatan mereka, stasi hari Sabtu pada minggu kedua Prapaskah dirayakan di sini. Kepada mereka kami percayakan perjalanan kami.

Kita patut bersukacita dan bergembira, karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telagh hilang dan didapat kembali” (Luk 15:32)

* Bekerja sama dengan Kantor Komunikasi Sosial Vikariat Roma.

(PEN@ Katolik/paul c pati/Marinella Bandini/Aleteia)

Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus - Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus – Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus (bagian depan) - Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia". © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus (bagian depan) – Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia”.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Interior Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus - Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Interior Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus – Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Apse Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus - Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Apse Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus – Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Lukisan di apse menggambarkan kemartiran imam Marcellinus dan eksorsis Petrus di "Hutan Hitam". Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Lukisan di apse menggambarkan kemartiran imam Marcellinus dan eksorsis Petrus di “Hutan Hitam”. Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Sebuah prasasti dari abad ke-13 membuktikan renovasi gereja di bawah Paus Alexander IV dan didedikasikan untuk Santo Marselinus dan Santo Petrus. Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Sebuah prasasti dari abad ke-13 membuktikan renovasi gereja di bawah Paus Alexander IV dan didedikasikan untuk Santo Marselinus dan Santo Petrus. Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Patung imam Marselinus di Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Patung imam Marselinus di Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Patung martir Petrus sang pengusir setan di Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia. © Antoine Mekary | ALETEIA
Patung martir Petrus sang pengusir setan di Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus. Basilika Santo Marselinus dan Santo Petrus adalah milik Kementerian Dalam Negeri Italia.
© Antoine Mekary | ALETEIA

Artikel Terkait:

Basilika Santo Vitalis di Fovea: sebuah basilika keluarga

Minyak ajaib atau air tercemar: kunjungan virtual ke Basilika Santa Maria di Trastevere

Basilika Santa Cecilia di Trastevere: dibangun di atas rumah martir itu

Basilika Santa Balbina: martir yang disembuhkan oleh rantai Santo Petrus

Kunjungan virtual ke Basilika Santo Klemens: sebuah perjalanan melintasi waktu

Basilika Santa Maria di Domnica: kapal dan tabut

Datang ke pusat Gereja: mengunjungi Basilika Santo Petrus

Basilika 12 Rasul: bersama Rasul Filipus dan Rasul Yakobus

Gereja Santo Laurensius di Jalan Roti dan Ham

Basilika Santa Maria Maggiore, bunda dan pelindung kami

Berdoa di depan jubah Santo Yosef di Basilika Santa Anastasia

Basilika Santo Petrus dalam Rantai: ada rantai penahan Santo Petrus dan patung Moses

Prapaskah pernah dimulai hari Minggu Basilika Santo Yohanes Lateran

Berdoa secara virtual di Basilika Santo Agustinus, tempat Santa Monica beristirahat

Yohanes dan Paulus, pejabat-pejabat Romawi yang menjadi martir

Serigala betina atau naga? Gereja San Giorgio di Velabro

Aleteia ajak ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi di Roma satu gereja per hari

Santa Sabina, tempat Santo Dominikus harus hindari batu yang dilempar oleh iblis

 

Tinggalkan Pesan