Basilica-di-Santa-Maria-in-Domnica-alla-Navicella-Antoine-Mekary-ALETEIA-AM_6935
Antoine Mekary | ALETEIA

Gereja Stasi Hari 12:

Di sini kita melihat contoh halo (sinar yang keluar dari tubuh) dalam bentuk persegi empat. Tahukah kamu apa artinya itu? Aleteia mengundang Anda melakukan ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi Roma: satu gereja per hari, dari 17 Februari hingga 11 April.

Basilika Santa Maria di Domnica disebut “alla Navicella” karena sebuah patung Romawi kuno, yang sekarang diubah menjadi air mancur, dalam bentuk kapal kecil (“navicella” adalah bahasa Latin untuk yang kecil dari “navis”, atau “kapal”) di alun-alun depan gereja itu. Kemungkinan besar itu adalah persembahan untuk dewi Isis, pelindung para pelaut.

Nama “Domnica” dianggap merujuk pada tanah tempat gereja itu berdiri: tradisi mengatakan bahwa gereja itu dibangun di situs rumah Santa Cyriaca, yang namanya berarti “milik Tuhan,” dan yang bekerja bersama diakon Santo Laurensius. Kemungkinan besar, gereja itu dibangun di atas tanah kekaisaran, praedia dominica.

Penampilan gereja itu saat ini adalah pemberian dari Paus Paskalis I di abad ke-9. Mosaik pada apse berasal dari periode ini, dengan Bunda Maria bertahta di tengahnya. Di kaki Bunda Maria adalah Paskalis I, dengan cahaya di kepalanya berbentuk segi empat, yang menunjukkan bahwa dia masih hidup di saat pekerjaan gereja itu dilakukan.

Gereja ini dan restorasi abad ke-16 terkait dengan nama keluarga de ‘Medici, yang lambangnya berada di tengah-tengah langit-langit berpanel. Dua panel yang sangat besar menggemakan tema kapal (atau Tabut), yang mengacu pada Perawan Maria Yang Terberkati, “Tabut Perjanjian,” dan pada Gereja, yang menavigasi di lautan berbadai peristiwa bersejarah seraya menyelesaikan karya penyelamatan universal.

Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.” Kej 22:18

* Bekerja sama dengan Kantor Komunikasi Sosial Vikariat Roma.

(PEN@ Katolik/paul c pati/Marinella Bandini/Aleteia)

Basilika Santa Maria di Domnica. Menurut tradisi, gereja itu dibangun di atas situs rumah Santa Cyriaca, yang namanya berarti “milik Tuhan,” dan yang bekerja bersama diakon Santo Laurensius. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santa Maria di Domnica. Menurut tradisi, gereja itu dibangun di atas situs rumah Santa Cyriaca, yang namanya berarti “milik Tuhan,” dan yang bekerja bersama diakon Santo Laurensius.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santa Maria di Domnica disebut "alla Navicella" karena patung Romawi kuno, yang sekarang diubah menjadi air mancur, dalam bentuk kapal kecil (“navicella” adalah bahasa Latin untuk “vavis” atau “kapal” yang kecil) di alun-alun di depan gereja. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santa Maria di Domnica disebut “alla Navicella” karena patung Romawi kuno, yang sekarang diubah menjadi air mancur, dalam bentuk kapal kecil (“navicella” adalah bahasa Latin untuk “vavis” atau “kapal” yang kecil) di alun-alun di depan gereja.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Maria di Domnika (interior) © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santo Maria di Domnika (interior)
© Antoine Mekary | ALETEIA
Mosaik di apse Basilika Santa Maria di Domnica (abad ke-9) © Antoine Mekary | ALETEIA
Mosaik di apse Basilika Santa Maria di Domnica (abad ke-9)
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santa Maria di Domnica. Nama keluarga de 'Medici terikat dengan gereja ini; lambang mereka menghiasi bagian tengah dari langit-langit yang berpanel. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santa Maria di Domnica. Nama keluarga de ‘Medici terikat dengan gereja ini; lambang mereka menghiasi bagian tengah dari langit-langit yang berpanel.
© Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santa Maria di Domnica (detail dari langit-langit berpanel). Dua panel sangat terbesar menggemakan tema kapal (atau Tabut), mengacu pada Perawan Maria Yang Terberkati, "Tabut Perjanjian," dan Gereja. © Antoine Mekary | ALETEIA
Basilika Santa Maria di Domnica (detail dari langit-langit berbingkai). Dua panel sangat terbesar menggemakan tema kapal (atau Tabut), mengacu pada Perawan Maria Yang Terberkati, “Tabut Perjanjian,” dan Gereja.
© Antoine Mekary | ALETEIA

Artikel Terkait:

Datang ke pusat Gereja: mengunjungi Basilika Santo Petrus

Basilika 12 Rasul: bersama Rasul Filipus dan Rasul Yakobus

Gereja Santo Laurensius di Jalan Roti dan Ham

Basilika Santa Maria Maggiore, bunda dan pelindung kami

Berdoa di depan jubah Santo Yosef di Basilika Santa Anastasia

Basilika Santo Petrus dalam Rantai: ada rantai penahan Santo Petrus dan patung Moses

Prapaskah pernah dimulai hari Minggu Basilika Santo Yohanes Lateran

Berdoa secara virtual di Basilika Santo Agustinus, tempat Santa Monica beristirahat

Yohanes dan Paulus, pejabat-pejabat Romawi yang menjadi martir

Serigala betina atau naga? Gereja San Giorgio di Velabro

Aleteia ajak ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi di Roma satu gereja per hari

Santa Sabina, tempat Santo Dominikus harus hindari batu yang dilempar oleh iblis

Tinggalkan Pesan