Basilika Santo Petrus dalam Rantai  © illpaxphotomatic | Shutterstock
Basilika Santo Petrus dalam Rantai
© illpaxphotomatic | Shutterstock

Gereja Stasi Hari 6:

Dalam Basilika Santo Petrus dalam Rantai (San Pietro di Vincoli) terdapat rantai Petrus, serta patung “Moses karya Michelangelo. Aleteia mengundang Anda melakukan ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi Roma: satu gereja per hari, dari 17 Februari hingga 11 April.

Nama Basilika San Pietro di Vincoli (Santo Petrus dalam Rantai) berasal dari peninggalan berharga yang ada di basilika itu yakni: rantai (vincula) Santo Petrus.

Semuanya di sini berbicara tentang pembebasan. Di langit-langit berbentuk kubah di atas pintu masuk, ada tulisan: Dirupisti vincula mea (Engkau telah mematahkan rantaiku).

Menurut tradisi, rantai yang digunakan untuk menahan rasul itu di Yerusalem diberikan kepada Permaisuri dari Timur, Aelia Eudocia, yang kemudian memberikannya kepada putrinya, Licinia Eudoxia. Permaisuri muda itu memberikannya kepada Paus Leo Agung.

Paus itu menempatkan rantai itu di samping rantai penjara Santo Petrus di Roma: begitu kedua rantai itu bersentuhan, mereka langsung menjadi satu rantai, yang sekarang disimpan di bawah altar. Untuk mengenang mukjizat itu, tahun 442, mulai dibangun basilika bernama San Pietro in Vincoli atau Santo Petrus dalam Rantai.

Di ruang bawah tanah disimpan relikui-relikui dari tujuh orang bersaudara Makabe, yang meninggal karena iman Yahudi mereka di abad ke-2 SM. Umat ​​Kristen perdana mengagumi para martir agama Yahudi ini, dan menganggap mereka sebagai pendahulu para martir Kristen, dan devosi terhadap mereka cepat tersebar.

Akhirnya, permata basilika ini adalah patung pembebas yang luar biasa dari orang-orang Israel yakni Moses. Patung itu dipahat oleh Michelangelo untuk monumen pemakaman Paus Julius II.

Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus, dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya” (Matius 16:18).

* Bekerja sama dengan Kantor Komunikasi Sosial Vikariat Roma.

(PEN@ Katolik/pcp/Marinella Bandini/Aleteia)

Lihatlah gambar-gambar basilika itu di bawah ini:

Artikel Terkait:

Prapaskah pernah dimulai hari Minggu Basilika Santo Yohanes Lateran

Berdoa secara virtual di Basilika Santo Agustinus, tempat Santa Monica beristirahat

Yohanes dan Paulus, pejabat-pejabat Romawi yang menjadi martir

Serigala betina atau naga? Gereja San Giorgio di Velabro

Aleteia ajak ziarah Prapaskah virtual melalui 42 gereja stasi di Roma satu gereja per hari

Santa Sabina, tempat Santo Dominikus harus hindari batu yang dilempar oleh iblis

Basilika Santo Petrus dalam Rantai (interior) © NICOLA MESSANA PHOTOS | Shutterstock
Basilika Santo Petrus dalam Rantai (interior)
© NICOLA MESSANA PHOTOS | Shutterstock
Rantai yang menahan Santo Petrus dalam penjara. Sesuai legenda, rantai yang mengikatnya di Yerusalem dan di Roma secara mujizat menjadi satu. © Stefano_Valeri | Shutterstock
Rantai yang menahan Santo Petrus dalam penjara. Sesuai legenda, rantai yang mengikatnya di Yerusalem dan di Roma secara mujizat menjadi satu.
© Stefano_Valeri | Shutterstock
Makam dengan sisa-sisa tujuh orang bersaudara Makabe, para martir Yahudi yang dihormati umat Kristen © Luciano Tronati (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia Commons
Makam dengan sisa-sisa tujuh orang bersaudara Makabe, para martir Yahudi yang dihormati umat Kristen
© Luciano Tronati (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia Commons
Moses. Patung pahat terkenal di dunia yang diciptakan oleh Michelangelo untuk makam Paus Julius II. © Anna Pakutina | Shutterstock
Moses. Patung pahat terkenal di dunia yang diciptakan oleh Michelangelo untuk makam Paus Julius II.
© Anna Pakutina | Shutterstock
Makam Julius II. Proyek asli, yang jauh lebih besar, hanya diselesaikan sebagian. © REDMASON | Shutterstock
Makam Julius II. Proyek asli, yang jauh lebih besar, hanya diselesaikan sebagian.
© REDMASON | Shutterstock

Tinggalkan Pesan