32.3 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Konferensi Warisan Budaya Gereja

BERITA LAIN

More
    Kardinal Gianfranco Ravasi di depan sebuah lukisan religius. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik – Kongregasi untuk Lembaga Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan menyelenggarakan konferensi internasional tentang masa depan warisan budaya komunitas religius. Konferensi ini akan diadakan di Roma pada bulan 4-5 Mei 2022 dengan tema “Karisma dan Kreativitas”.

    Konferensi ini dimaksudkan untuk memperkuat jaringan dan berbagi praktik terbaik untuk meningkatkan kapasitas komunitas agama untuk melindungi dan mengembangkan warisan mereka dengan cara yang kreatif. Ini adalah hasil dari tumbuhnya kesadaran akan fakta bahwa aset budaya Gereja adalah bagian dari identitas budaya komunitas lokal dan dapat menyediakan sarana baru untuk mempromosikan tujuan pastoral dan misionarisnya.

    Konsultasi dua hari ini diselenggarakan bersama Kantor Nasional untuk Warisan Budaya Gerejawi dan Bangunan Keagamaan Konferensi Episkopal Italia, Fakultas Sejarah, dan Warisan Budaya Gereja Universitas Kepausan Gregorian, Departemen Arsitektur Universitas Bologna, dan bekerjasama dengan International Union of Superiors General (IUSG) dan Union of Superiors General (USG) dan Sekretariat Bantuan Biarawati.

    Acara tersebut dipresentasikan pada konferensi pers yang diadakan pada hari Kamis di Kantor Pers Vatikan, 17 Februari 2022. Pembicara utama federasi ini antara lain, Kardinal João Braz de Aviz, Prefek Kongregasi untuk Institut Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan.

    Kardinal Gianfranco Ravasi, Presiden Dewan Kepausan untuk Kebudayaan, menyoroti peran penting yang harus dimainkan oleh komunitas-komunitas religius dalam memenuhi tanggung jawab Gereja untuk secara hati-hati mengelola aset budayanya sehubungan dengan misi penginjilannya dan juga kepeduliannya yang khusus terhadap orang miskin.

    Mengelola warisan Gereja

    Kedua Kardinal Vatikan mencatat bahwa tugas ini semakin mendesak saat ini karena ordo-ordo religius menghadapi penurunan jumlah. Ada risiko kongregasi ini akan ditinggalkan dan degradasi warisan budaya mereka yang sangat besar.

    Oleh karena itu, para peserta dalam sesi akan berbagi refleksi dan pengalaman tentang tantangan-tantangan ini dan mendiskusikan strategi-strategi baru untuk mempromosikan pengelolaan warisan budaya Gereja yang terpadu, dan pada akhirnya lebih efektif. Menjelang konferensi, penyelenggara telah mengumpulkan sejumlah penelitian, proyek, dan praktik baik di bidang ini. Kontribusi, yang sebagian besar berasal dari Eropa, telah dikumpulkan dalam empat tema yang akan menjadi topik sesi: Kerangka kerja untuk pemahaman teoritis, Katalogisasi, Manajemen, dan Penggunaan Kembali.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI