26.1 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Langkah Kanonisasi bagi Beato Devasahayam, Martir Pertama India

BERITA LAIN

More
    Beato Devasahayam.. IST

    NEW DELHI, Pena Katolik – Beato Devasahayam akan dinyatakan sebagai santo pada 15 Mei 2022 di Vatikan. Ia adalah martir pertama India.

    Para uskup ritus Latin India merencanakan serangkaian acara untuk merayakan kehidupan dan kesucian orang awam dan martir pertama di negara itu. Mereka mengangkat sosok Bhagavan Devasahayam sebagai model bagi umat Kristiani di negeri itu.

    Dia adalah seorang Hindu India abad ke-18 yang kemudian memeluk agama Katolik yang menderita kemartiran pada tahun 1752, di negara bagian Tamil Nadu di India selatan saat ini. Dia termasuk di antara tujuh orang kudus dari seluruh dunia yang akan secara resmi dinyatakan sebagai santo oleh Paus Fransiskus pada Misa kanonisasi di Vatikan pada 15 Mei 2022.

    “Kami memiliki kesempatan luar biasa di sini untuk menceritakan kisah heroik martir kami terutama kepada orang-orang muda kami, yang akan dibantu olehnya untuk menghadapi dengan berani urgensi kehidupan Kristen dan bersaksi hari ini. Dalam pernyataannya, Konferensi Uskup Katolik India (CCBI) mengatakan Devasahayam adalah orang awam dari India, yang menikah yang dianugerahkan kesucian.

    “Kanonisasi ini memiliki makna khusus bagi Gereja di India. Devasahayam telah memenangkan mahkota kemartiran di tanah India,” kata pernyataan itu.

    Kemartiran

    Lahir pada tanggal 23 April 1712, sebagai Neelakanda Pillai, di desa Nattalam, Devasahayam bertugas di istana kerajaan Hindu Travancore di India selatan. Kerajaan itu membentang dari distrik Kanyakumari saat ini, hingga Cochin di negara bagian Kerala.

    Pada 1745, ia dibaptis dan memakai nama ‘Lazarus’ atau ‘Devasahayam’ dalam bahasa lokal, yang berarti ‘Tuhan adalah pertolonganku’. Namun, pertobatan Devasahayam tidak berjalan dengan baik dengan para pemimpin agama asalnya. Tuduhan palsu pengkhianatan dan spionase diajukan terhadapnya dan dia dicopot dari jabatannya di pemerintahan kerajaan.

    Devasahayam dipenjarakan dan menjadi sasaran penganiayaan yang kejam. Devasahayam menjadi seorang Katolik hanya selama tujuh tahun, dia ditembak mati di hutan Aralvaimozhy pada 14 Januari 1752. Saat itu, ia berusia 39 tahun. Hingga kini, makam Devasahayam di Katedral St. Francis Xaverius di Nagercoil menarik banyak umat.

    Setelah kanonisasi 15 Mei 2022, perayaan syukur nasional akan diadakan pada hari Minggu Pentakosta, 5 Juni 2022, di Aralvaimozhi di mana Devasahayam menemui kemartirannya. Dan pada tanggal 24 Juni 2022, Pesta Hati Kudus Yesus, semua keluarga akan dikuduskan menjadi Hati Kudus. Para uskup telah mengundang umat beriman, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk bergabung dalam doa sebagai sebuah keluarga dan “memohon syafaat martir Devasahayam untuk negara kita”.

    Gereja India

    CCBI telah berada di belakang penyebab kesucian Devasahayam. Pada tahun 2009, para uskup ritus Latin memutuskan untuk meminta Kongregasi Vatikan untuk Penggelaran Kudus untuk mempercepat proses Beatifikasi Devasahayam, dan pada tahun 2013 memutuskan untuk memasukkan peringatannya dalam kalender liturgi India.

    Para uskup dari 132 keuskupan ritus Latin di India membentuk CCBI, yang terbesar dari 3 kelompok yang membentuk Catholic Bishops Conference of India (CBCI), badan puncak Gereja Katolik India. Dua organisasi uskup lainnya tergabung dalam Gereja Katolik ritus timur Siro-Malabar dan Gereja Katolik Siro-Malankara yang masing-masing memiliki 32 dan 11 keuskupan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI