Kubah Basilika Santo Petrus
Kubah Basilika Santo Petrus

Malam ini, Jumat, 27 Maret 2020, pukul 6 sore waktu Roma, atau pukul 24.00 WIB, umat beriman seluruh dunia diundang ikut bersama Paus Fransiskus secara spiritual dalam doa. Prakarsa itu diumumkan Paus dalam Angelus Minggu 22 Maret 2020 dengan mengatakan, “Saya mengundang semua orang untuk ikut secara spiritual melalui alat komunikasi.”

Doa bersama itu berlangsung setelah upacara 25 Maret 2020 yang disiarkan langsung secara streaming saat umat Kristen dari semua denominasi ikut bersama Bapa Suci dalam doa “Bapa Kami” di masa krisis global dan ketakutan karena pandemi Covid-19.

Direktur Kantor Pers Takhta Suci mengkonfirmasi bahwa doa hari Jumat ini akan disiarkan langsung dari Vatikan, mulai pukul 6 sore waktu Roma. Dikatakan, indulgensi penuh yang melekat pada berkat Urbi et orbi berlaku sesuai kondisi yang diamati sebelumnya oleh Dekrit Penitensaria Apostolik yang diterbitkan baru-baru ini.

Paus akan berdoa di depan Lapangan Santo Petrus yang kosong dari sagrato (halaman depan) Basilika Santo Petrus, pada serambi di atas tangga depan pintu depan gereja basilika, seperti dijelaskan Paus saat mengumumkan prakarsa itu hari Minggu dan saat mengulanginya dalam Audiensi Umum Rabu: “Kami akan mendengarkan Firman Tuhan, memanjatkan permohonan, melakukan adorasi Sakramen Mahakudus, dan akhirnya saya akan memberikan Berkat Urbi et orbi, dan kalian akan memiliki kemungkinan menerima indulgensi penuh.”

Ibadat dari 6 sore waktu Roma itu akan disiarkan langsung ke dunia oleh Vatikan Media dan bisa diikuti dalam beberapa bahasa di situs https://www.vaticannews.va/en/, Facebook dan YouTube Vatican News.

Ibadat itu akan terdiri dari bacaan Kitab Suci, doa permohonan, adorasi Sakramen Mahakudus, dan diakhiri Berkat Urbi et orbi oleh Paus Fransiskus, dengan kemungkinan mendapatkan indulgensi penuh bagi semua orang yang mendengarkannya secara langsung melalui berbagai bentuk komunikasi.

Biasanya, Berkat “untuk Kota [Roma] dan Dunia” hanya diberikan saat Natal dan Paskah.

Momen doa luar biasa di saat pandemi itu akan berlangsung sekitar satu jam. Ikon “Salus Populi Romani” (Penyelamat Orang Roma) dan salib Santo Marcellus (Salib Ajaib), akan ditempatkan di depan pintu utama Basilika Santo Petrus.

Sakramen Mahakudus akan diletakkan di altar atrium Basilika Vatikan.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Linda Bordoni/Vatican News)

Artikel Terkait:

Paus membuat permintaan khusus untuk berdoa bagi orang sakit

Kongregasi untuk Ibadat Ilahi keluarkan dekrit 25 Maret yang perbarui dekrit sebelumnya

Paus berdoa Bapa Kami di tengah krisis global yang dipicu pandemi COVID-19

Paus mengundang semua umat ikut dengannya dalam doa pukul 6 sore WIB

Paus bersyukur atas teladan kepahlawanan dokter dan imam dan renungkan tentang air

Paus ajak umat Kristen doa bersama 25 Maret dan berkat luar biasa Urbi et Orbi 27 Maret/

Paus: COVID-19 mengajarkan bahwa kita adalah satu komunitas manusia

Vatikan beri indulgensi penuh bagi umat penderita COVID-19 dan yang bantu mereka

Paus Fransiskus pergi berdoa kepada Maria dan berjalan kaki di Via del Corso Roma

Covid-19: Perayaan Pekan Suci Vatikan tanpa partisipasi publik

Covid-19: Paus memanjatkan doa kepada Perawan Maria untuk perlindungan

Dengan persetujuan Paus, gereja-gereja paroki di Roma tetap dibuka untuk doa pribadi

Virus Corona: kantor-kantor Vatikan tetap buka, Paus sumbang 100 ribu Euro

Virus Corona: Vatikan menutup Basilika Santo Petrus bagi para wisatawan

Paus Fransiskus berdoa bagi mereka yang terke

How to pray with Pope

1 komentar

Tinggalkan Pesan