Gereja Trinità delle Montagne di Roma (AFP)
Gereja Trinità delle Montagne di Roma (AFP)

Sehari setelah muncul keputusan untuk menutup tempat-tempat ibadah guna mencegah penyebaran virus corona, Covid-19, Keuskupan Roma bertindak cepat untuk mengizinkan beberapa gereja di kota itu untuk tetap buka,

Jumat pagi, 13 Maret 2020, Paus Fransiskus berdoa “agar Roh Kudus memberikan penegasan pastoral kepada para pastor agar mereka bisa melihat apa yang bisa dilakukan agar umat Allah yang kudus dan setia tidak ditinggalkan sendirian, dan agar umat Allah boleh merasa didampingi oleh para pastor mereka.”

Dengan persetujuan Bapa Suci, Vikjen Keuskupan Roma Kardinal Angelo De Donatis, yang melakukan pencermatan pastoral dan ingin menghindari disorientasi atau kebingungan umat beriman, mengeluarkan dekrit baru yang memperbolehkan gereja-gereja paroki, dan beberapa misi pastoral lainnya, untuk tetap terbuka bagi doa pribadi.

Dalam surat kepada umat Keuskupan, Kardinal De Donatis menjelaskan bahwa keputusan untuk menutup gereja-gereja Roma tidak dibuat karena “ketakutan irasional, atau lebih buruk lagi, pragmatisme tanpa harapan,” tapi sebagai sarana untuk mencegah penularan. Namun, jelas kardinal itu, perlu juga memastikan bahwa umat tidak merasa semakin terisolasi, maka ketentuan pastoral itu direvisi.

Kardinal  mengatakan Gereja mengandalkan “pencermatan yang bijak” para imam. “Benar-benar dekatlah dengan umat Allah,” desak kardinal. “Pastikan bahwa setiap orang merasa dicintai dan ditemani, bantulah semua orang untuk memahami bahwa Gereja tidak menutup pintu-pintunya bagi siapa pun, tetapi peduli agar tidak ada ‘anak-anak kecil’ yang harus mempertaruhkan hidup mereka atau dilupakan.”

Kardinal mengimbau agar “menghibur yang sakit dengan sakramen-sakramen” dan memastikan bantuan yang diperlukan bagi orang miskin, sambil melakukan tindakan apa pun guna mencegah dan menghindari apa yang bisa membahayakan kesehatan orang lain.

Kardinal juga menganjurkan agar umat berdoa dalam keluarga, dan mempertahankan “tradisi dari orang tua dan kakek nenek kita.”

Kardinal De Donatis mengakhiri suratnya dengan meminta semua umat beriman dari Keuskupan Roma untuk kembali mempercayakan diri mereka Bunda Maria Cinta Ilahi, Madonna del Divino Amore.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait:

Virus Corona: kantor-kantor Vatikan tetap buka, Paus sumbang 100 ribu Euro

Virus Corona: Vatikan menutup Basilika Santo Petrus bagi para wisatawan

Paus Fransiskus berdoa bagi mereka yang terkena dampak virus corona

Angelus dan audiensi umum Paus Fransiskus akan disiarkan langsung secara streaming

Vatikan tutup sementara layanan kesehatan Roma kosongkan wadah air suci

Tinggalkan Pesan