Paus Urbi et Orbi
Paus Fransiskus berdoa Angelus Minggu dari Perpustakaan Apostolik Vatikan

Paus Fransiskus berseru kepada semua orang Kristen untuk menanggapi pandemi virus corona “dengan universalitas doa, belas kasih, kelembutan,” dan menambahkan, “Mari kita tetap bersatu. Mari membuat kedekatan kita dirasakan orang-orang yang paling kesepian dan paling dicoba.”

Berbicara setelah Doa Angelus, 22 Maret 2020, Bapa Suci meminta semua orang Kristen untuk bersama-sama berdoa. “Di hari-hari penuh pencobaan ini, sementara umat manusia bergetar karena ancaman pandemi itu, saya ingin mengusulkan kepada semua orang Kristen supaya bersama-sama kita mengangkat suara kita ke Surga,” kata Paus.

Hari Rabu, 25 Maret, pesta Kabar Sukacita, Paus mengajak “Kepala-Kepala Gereja dan para pemimpin setiap komunitas Kristen, bersama dengan semua umat Kristen dari berbagai pengakuan, untuk memohon kepada Yang Mahakuasa, Allah yang Mahakuasa, untuk berdoa di saat yang sama doa yang Yesus, Tuhan kita, ajarkan kepada kita” yakni Bapa Kami.

“Pada hari itu saat banyak orang Kristen mengingat Kabar Sukacita kepada Perawan Maria tentang Inkarnasi Sabda,” doa Paus, “semoga Tuhan mendengarkan doa bersama dari semua murid-Nya yang sedang mempersiapkan diri mereka untuk merayakan kemenangan Kristus Yang Bangkit.”

Paus juga mengumumkan bahwa hari Jumat berikutnya, 27 Maret, dia akan memimpin doa di sagrato (halaman) Basilika Santo Petrus, pada serambi di atas anak tangga tepat di depan gereja. “Saya mengajak semua orang untuk ikut secara spiritual melalui sarana komunikasi,” kata Paus.

Upacara itu akan terdiri dari bacaan dari Kitab Suci, doa permohonan, dan adorasi Sakramen Mahakudus; dan akan diakhiri Paus dengan memberikan Berkat Urbi et orbi, dengan kemungkinan mendapatkan indulgensi penuh bagi semua orang yang mendengarkannya langsung melalui berbagai bentuk komunikasi. Berkat “untuk Kota [Roma] dan Dunia” biasanya hanya diberikan saat Natal dan Paskah.

Direktur Kantor Pers Takhta Suci mengkonfirmasi bahwa doa di hari Jumat itu akan disiarkan langsung dari Vatikan, mulai pukul 6 sore waktu Roma. Dikatakan, indulgensi penuh yang melekat pada berkat Urbi et orbi tergantung pada kondisi yang diamati oleh dekrit baru-baru ini dari Penitensaria Apostolik.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Christopher Wells/Vatican News)

Artikel Terkait:

Paus: COVID-19 mengajarkan bahwa kita adalah satu komunitas manusia

Vatikan beri indulgensi penuh bagi umat penderita COVID-19 dan yang bantu mereka

Paus Fransiskus pergi berdoa kepada Maria dan berjalan kaki di Via del Corso Roma

Covid-19: Perayaan Pekan Suci Vatikan tanpa partisipasi publik

Covid-19: Paus memanjatkan doa kepada Perawan Maria untuk perlindungan

Dengan persetujuan Paus, gereja-gereja paroki di Roma tetap dibuka untuk doa pribadi

Virus Corona: kantor-kantor Vatikan tetap buka, Paus sumbang 100 ribu Euro

Virus Corona: Vatikan menutup Basilika Santo Petrus bagi para wisatawan

Paus Fransiskus berdoa bagi mereka yang terkena dampak virus corona

Angelus dan audiensi umum Paus Fransiskus akan disiarkan langsung secara streaming

Vatikan tutup sementara layanan kesehatan Roma kosongkan wadah air suci

6 KOMENTAR

  1. Ini adalah seleksi alam pembersihan alam mari kita semua lebih mendekatkan diri dan refleksi diri kita dan bertobat kembali kepada Tuhan. Allah mengingatkan kita hanyalah debu harus saling mengasihi bergandengan tangan pujilah Nama-Nya . Mencintai-Nya dengan sepenuh hati dan jiwa kita. Krn Allah Maha Tahu Ia melihat semuanya yg kita lakukan.

  2. Semoga doa paus , para imam,para pandèta,ustan dan doa seluruh umat di dunia bisa di terima oleh Yang Maha Kuasa tentang wabah virus corona bisa di temukan obatnya amin…

  3. semoga do’a bapa paus bgi semua umat di dunia bisa drima oleh tuhan yesus kristus tentang covit 19 bisa di temukan obatnya Amin.

Tinggalkan Pesan