Patung Bunda Maria diusung masuk ke gereja di dalam lapas

Enam warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Tangerang, dengan seragam biru bertuliskan HUT ke-5 KPK, mengusung Patung Bunda Maria setinggi satu meter mengawali prosesi bersama lektor dan Vikep Keuskupan Agung Jakarta Pastor Yosephus Edi Mulyono SJ dari depan pintu memasuki Gereja Maranatha. Patung itu lalu diletakkan di samping patung Santo Yoseph, pelindung Komunitas Pria Katolik (KPK) Santa Helena Curug.

Misa 31 Agustus 2019 di gereja, yang dipakai bersama oleh warga binaan Kristen dan Katolik di LP Pemuda Tangerang, itu dilaksanakan oleh Legio Maria Ratu Pencinta Damai, Paroki Santo Agustinus Perum Karawaci untuk merayakan Pesta Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga (meski perayaannya sudah lewat), sekaligus Perayaan Syukur untuk anggota Legio Maria yang menyumbangkan patung itu untuk para warga binaan.

Sekitar 150 warga binaan, 50 sukarelawan dari Legio Maria dan KPK, serta umat Paroki Curug dan Karawaci menghadiri Misa yang dimeriahkan Paduan Suara John Paul II yang pernah tampil di depan Santo Paus Yohanes Paulus II di Vatikan.

Pastor Edi Mulyono SJ  memuji keenam pria pengusung patung Bunda Maria ke depan altar itu. Menurut imam itu, berdasarkan pengalaman itu mestinya umat mulai memperlakukan sesama dengan baik dan sopan serta saling menghargai. “Kita semua diajak memberikan sapaan kepada warga binaan dengan sopan,” ajak imam Yesuit itu.

Umat Katolik, lanjut imam itu, memiliki tradisi menghormati Bunda Maria “karena perannya membesarkan putera-Nya, Yesus Kristus,” dan karena Bunda Maria adalah bunda bagi umat Katolik.

Ketua Legio Maria Presidium Ratu Pencinta Damai Natalia Sriwahyuni mengatakan, sumbangan patung yang diberikan kepada warga binaan itu bisa ikut menumbuhkan dan meningkatkan semangat dan devosi warga binaan kepada Bunda Maria. Sedangkan ketua panitia, Steffi Erna Chandra, mengatakan kehadiran patung Bunda Maria di LP Pemuda bisa mengajak seluruh warga binaan semakin dekat dengan Tuhan.

Warga binaan, Warno, mengaku senang dengan patung itu. Dia mengatakan “keberadaan patung Bunda Maria bisa membantu kami untuk terus berdoa kepada Tuhan dan memohon kepada-Nya penyertaan saat kami berada di sini sampai kami bebas.” Sebelumnya, KPK Santa Helena pernah menyumbang salib berukuran 1 meter yang dilengkapi korpus.

Acara itu diselingi hiburan antara lain oleh Cris Jerikho, penghuni lapas yang pernah memenangkan Idol 2008. (PEN@ Katolik/Konradus R. Mangu)

Artikel Terkait:

Komunitas Pria Katolik hadiahkan Verbum Veritatis kepada warga binaan Lapas Pemuda Tangerang

Profesi wartawan mendapat perhatian khusus dalam Gereja Katolik

Patung Bunda Maria ditempatkan di samping patung Santo Yoseph (PEN@ Katolik/Andi Janto Singgih)

Patung Bunda Maria ditempatkan di samping patung Santo Yoseph (PEN@ Katolik/Andi Janto Singgih)

Vikep KAJ memberkati patung Bunda Maria (PEN@ Katolik/Andi Janto Singgih)
Vikep KAJ memberkati patung Bunda Maria (PEN@ Katolik/Andi Janto Singgih)
Peserta Misa bergambar bersama di depan patung Bunda Maria (PEN@ Katolik/Andi Janto Singgih)
Peserta Misa bergambar bersama di depan patung Bunda Maria (PEN@ Katolik/Andi Janto Singgih)

Tinggalkan Pesan