27.1 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Kisah Suci Beata Clara Gambacorta Seorang Dominikan yang pernah menjadi Suster Fransiskan

BERITA LAIN

More
    Gambar: BL. CLARA GAMBACORTA, W.O.P., Hari Perayaan: 17 April. Lahir: di Venesia, Italia, pada tahun 1362; Meninggal: di Pisa, 1419, Diberkati: 4 Maret 1830, oleh Paus Pius VIII (Dokumen: DOMINICAN SAINTS).

    PENAKATOLIK.COM, Dalam tradisi suci gereja Katolik dapat ditemukan banyak sekali ditemukan hidup moralitas yang tinggi dari cara hidup orang-orang suci yang kini menjadi suri teladan hidup beriman. Pada 17 April ini, Ordo Dominikan juga memperingati Beata Clara dalam perjalanan imannya hingga perlakuan yang telah diterimanya membentuk kesucian dalam teladan suri hidupnya.  

    Clara, yang dibaptis dengan nama Victoria, adalah satu-satunya putri dari keluarga terkemuka di Pisa, yang saat kelahirannya sedang dalam pengasingan politik. Ketika Victoria berusia tujuh tahun, keluarga tersebut kembali dengan gemilang ke Pisa dan ayahnya, Peter Gambacorta, diangkat sebagai kepala hakim kota, sebuah posisi yang penuh dengan kemuliaan dan ketidakpastian.

    Victoria, seorang anak yang cantik dan saleh, biasa mengumpulkan anak-anak untuk berdoa bersama Rosario. Ia sangat taat dan penuh pertobatan; oleh karena itu, ia tidak menyukai pernikahan yang diatur oleh ayahnya.

    Meskipun demikian, sebagai seorang putri yang taat, ia menikah dan menjadi istri yang taat dan penuh cinta. Ketika suaminya yang masih muda meninggal karena wabah penyakit hanya tiga tahun setelah pernikahan mereka, Victoria sangat berduka. Ia sungguh-sungguh mencintainya. Tetapi sekarang, setelah menjadi bebas, ia bertekad tidak ada yang akan mendorongnya untuk menikah lagi.

    Memberikan hati kepada Allah

    Pada tahun pertama pernikahannya, saat berusia 13 tahun, Victoria bertemu dengan Catherine dari Siena yang terkenal dan saleh, yang datang ke Pisa untuk berbicara dengan ayah Victoria tentang serikat kota-kota. Santa tersebut menasihati pengantin muda yang cantik itu untuk memberikan hatinya kepada Allah dan suaminya.

    Sekarang suaminya telah meninggal, Catherine menulis surat kepada janda berusia 15 tahun itu, mengatakan: “Lepaskanlah dirimu dari ego. Cintailah Allah dengan cinta yang bebas dan setia.”

    Victoria tahu bahwa pernikahan kedua sedang diatur untuknya dan sebelum kontrak itu bisa selesai, ia melarikan diri ke Ordo Santa Klara dan mengambil seragam dan nama religius Suster Clara.

    Kakak-kakaknya dengan paksa membawa pulangnya. Mereka mengurungnya di sebuah ruangan kecil yang gelap di rumahnya sendiri. Selama lima bulan, ia tidak dapat berbicara dengan teman-temannya atau menerima sakramen, tetapi ia tetap menggunakan nama Clara, dan ia mengenakan seragam Fransiskan.

    Kembali menerima komuni

    Si cantik yang masih muda, adalah seorang putri dari zamannya, dan ia berhasil mengatur urusan melalui teman-temannya. Satu per satu, permata-permata miliknya dikirim dan dijual dan uangnya diberikan kepada orang miskin.

    Itu adalah satu-satunya bentuk amal aktif yang bisa ia lakukan dari dalam sel penjara. Akhirnya, pada hari Santo Dominikus, ketika ayah dan saudara-saudaranya sedang pergi, ibunya berhasil membawanya keluar dan membawanya ke Misa. Itu adalah pertama kalinya dalam beberapa bulan bahwa ia bisa menerima Komuni.

    Tidak lama setelah itu, seorang uskup Spanyol datang untuk mengunjungi keluarga tersebut, dan ayah Clara memintanya untuk mencoba membicarakan sesuatu yang masuk akal kepada gadis itu. Ayahnya sepertinya tidak tahu bahwa orang Spanyol itu pernah menjadi pengakuan dosa bagi Santa Birgitta dari Swedia, dan bahwa ia sangat mendukung wanita yang ingin mendedikasikan diri kepada Allah.

    Menjadi seorang Dominikan

    Pada akhirnya, keluarga Clara mengalah dan memperbolehkannya membuat rencana untuk masuk ke biara. Kontaknya dengan Santa Katarina telah meyakinkannya bahwa ia hanya bisa menjadi seorang Dominikan, jadi ia mencari perlindungan di komunitas lokal sampai ia bisa membangun biara sendiri.

    Karena wabah penyakit dan perpecahan, banyak biara, termasuk biara Dominikan di Pisa, lemah dalam ketaatan dan tidak menjalani kehidupan bersama. Clara ingin hidup dalam bentuk kehidupan religius yang ketat, dan, dalam empat tahun, dengan bantuan ibu tirinya, biara baru itu dibangun untuknya dan Santa Maria Mancini. Biara itu pertama kali diberkati pada tahun 1385, dan sebuah klausura kanonik yang ketat diberlakukan padanya, melarang setiap pria kecuali uskup dan master umum dari masuk.

    Delapan tahun kemudian, klausura yang ketat ini akan mengakibatkan Sister Clara mengalami kehilangan yang mengerikan. Ayahnya dikhianati oleh seorang yang selalu menjadi temannya, dan publik yang mudah berubah membalikkan serangan terhadapnya dan membunuhnya di jalanan di luar biara.

    Salah satu saudaranya juga tewas dalam pertarungan itu, dan saudara kedua, yang terluka, memohon agar diperbolehkan masuk ke biara. Clara harus memberitahunya, melalui jendela, bahwa ia tidak bisa membuka pintu baginya. Sementara dia menyaksikan dengan ngeri, dia ditarik pergi dan dibunuh.

    Permintaan aneh

    Beberapa waktu setelah itu, Sister Clara jatuh sakit parah dan dipikirkan bahwa ia akan meninggal. Ia membuat permintaan aneh: makanan dari meja pria yang telah mengkhianati dan membunuh ayah dan saudaranya.

    Istri dari orang yang bersalah itu mengirimkan keranjang roti dan buah; Sister Clara memakan roti itu dan sembuh. Tak lama setelah itu, orang yang meraih kekuasaan secara tidak adil itu dibunuh sendiri, dan ia menawarkan perlindungan kepada janda dan putri-putrinya.

    Saudara Clara, Peter, yang melarikan diri dari pengadilan untuk menjadi pertapa sekitar saat dia pergi ke Ordo Santa Klara Miskin, mengonversi sekelompok perampok dan memulai komunitas pertapa. Ketika ayah dan saudaranya dibunuh, ia ingin kembali ke kehidupan sekuler dan mencari balas dendam, dan Clara membujuknya untuk tidak melakukannya.

    Clara Gambacorta meninggal setelah menjalani kehidupan suci. Banyak mukjizat dilaporkan di makamnya dan ada legenda kecil yang menarik bahwa setiap kali seorang suster di rumahnya akan meninggal, tulang-tulang Santa Clara yang diberkati bergoyang di dalam petinya. Ini memberi peringatan kepada suster tersebut (Attwater2, Benediktin, Dorcy, Ensiklopedia).

    Secara singkat Beata Clara lahir di Pisa pada tahun 1362, menikah pada usia dua belas tahun dan menjanda pada usia lima belas tahun.

    Dia ingin sekali bergabung dengan ordo dalam sebuah keagamaan, namun keluarganya menolak. Ketika akhirnya mereka mengalah, atas saran Santa Katarina dari Siena dia menerima pakaian Dominikan di Biara Salib Suci di Pisa.

    Pada tahun 1385 bersama Beato Maria Mancini ia mendirikan Biara Santo Dominikus di Pisa yang pelaksanaannya dijaga dengan ketat. Dia terkenal karena kehati-hatian dan kemurahan hatinya, terutama dalam memaafkan pembunuh ayah dan saudara laki-lakinya. Dia menghargai belajar dan mendesak saudara perempuannya untuk melakukan hal yang sama.

    By. Samuel – Pena Katolik
    Sumber: Buku Dominican Missal and Lectionary kemudian diramu dari berbagai sumber.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI