30.6 C
Jakarta
Friday, May 17, 2024

Uskup Emeritus di Meksiku yang Diculik Beberapa Waktu Lalu, Sudah Dibebaskan dan Kini Dirawat di Rumah Sakit

BERITA LAIN

More
    Uskup Emeritus Chilpancingo- Chilapa, Mgr Salvador Rangel Mendoza OFM. AP

    MEKSIKO, Pena Katolik – Mgr. Salvador Rangel Mendoza OFM yang dilaporkan menghilang sejak hari Sabtu, 27 April 2024 sudah dibebaskan dan kini dirawat di rumah sakit. Ada dugaan bahwa, ia diculik oleh kelompok kejahatan terkait narkoba yang marak di Meksiko.

    Mgr. Rangel adalah Uskup Emeritus Chilpancingo- Chilapa. Ia dikenal karena upayanya menjadi penengah antara kartel narkoba di Meksiko. Ia berhasil ditemukan dan dibawa ke rumah sakit setelah diculik sebentar, kata pernyataan Konferensi Uskup Meksiko, Senin 29 April 2024.

    Sebelumnya para Uskup Meksiko mengatakan, Mgr. Rangel meminta para penculiknya untuk membebaskannya. Namun para uskup kemudian mengatakan dia “telah ditemukan dan berada di rumah sakit. Sejauh ini tidak ada rincian bagaimana dia ditemukan atau dipulangkan, atau memberikan sejauh mana luka-lukanya.

    Uriel Carmona, kepala jaksa penuntut di negara bagian Morelos, tempat uskup tersebut menghilang, mengatakan “indikasi awal menunjukkan bahwa ini mungkin merupakan penculikan ‘cepat’.”

    Seperti diberitakan AP, di Meksiko, penculikan biasa sering kali merupakan urusan panjang yang melibatkan negosiasi panjang mengenai permintaan uang tebusan. Penculikan “ekspres”, sebaliknya, adalah penculikan cepat yang biasanya dilakukan oleh penjahat tingkat rendah dengan permintaan tebusan yang lebih rendah, justru agar uang dapat diserahkan lebih cepat.

    Sebelumnya, dewan mengatakan Mgr. Rangel berada dalam kondisi kesehatan yang buruk, dan memohon kepada para penculiknya untuk mengizinkan dia meminum obatnya sebagai “tindakan kemanusiaan.”

    Selama masih aktif menjadi Uskup Chilpancingo-Chilapa, Mgr. Rangel melayani di daerah yang terkenal kejam, di negara bagian Guerrero di bagian selatan, tempat kartel narkoba telah berperang selama bertahun-tahun. Dalam upaya yang kemudian didukung oleh pemerintah, Mgr. Rangel berusaha meyakinkan para pemimpin geng untuk menghentikan pertumpahan darah dan mencapai kesepakatan.

    Mgr. Rangel diculik di negara bagian Morelos, sebelah utara Guerrero. Pernyataan para uskup mencerminkan garis yang sangat halus dan berbahaya yang harus diambil oleh para uskup di wilayah yang didominasi kartel di Meksiko. Hal ini menghindari pertentangan dengan para capo (gembong) narkoba yang dapat mengakhiri hidup mereka dalam sekejap.

    “Mengingat kesehatannya yang buruk, kami menyerukan dengan tegas namun penuh hormat kepada mereka yang menahan Mgr Rangel agar mengizinkan dia meminum obat yang dia butuhkan dengan cara yang tepat dan tepat waktu, sebagai tindakan kemanusiaan,” tulis dewan uskup sebelumnya.

    Tidak jelas siapa yang mungkin menculik Mgr. Rangel. Geng narkoba yang sangat kejam yang dikenal sebagai Tlacos, Ardillos, dan Familia Michoacana beroperasi di daerah tersebut.

    Jika ada kerugian yang menimpa Mgr. Rangel, itu akan menjadi kejahatan paling sensasional terhadap seorang pejabat senior Gereja sejak tahun 1993. Pada tahun itu, kelompok bersenjata kartel narkoba membunuh Mgr. Juan Posadas Ocampo. Ia dibunuh karena kesalahan identitas dalam baku tembak di Guadalajara.

    Sejauh ini, informasi penculikan Mgr. Rangel sudah dikonfirmasi oleh jaksa di negara bagian Guerrero. Namun rincian kejadian sampai saat ini masih menjadi misteri. Morelos, seperti Guerrero, telah dilanda kekerasan, pembunuhan, dan penculikan selama bertahun-tahun.

    Dalam sebuah pernyataan, keuskupan lama Rangel menulis bahwa Mgr. Rangel sangat dicintai dan dihormati di keuskupan kami. Pada bulan Februari, uskup-uskup lain mengumumkan bahwa mereka telah membantu mengatur gencatan senjata antara dua kartel narkoba yang bertikai di Guerrero.

    Selama ini, para uskup dan imam berusaha membuat kartel berbicara satu sama lain dengan harapan mengurangi pertikaian berdarah. Asumsi tersiratnya adalah bahwa kartel akan membagi wilayah di mana mereka beroperasi tanpa banyak pembunuhan.

    Sebelumnya, Uskup Chilpancingo-Chilapa saat ini, Mgr. José de Jesús González Hernández, mengatakan dia dan tiga uskup lainnya di negara bagian tersebut telah berbicara dengan para bos kartel dalam upaya untuk menegosiasikan perjanjian damai di wilayah berbeda.

    Hernández mengatakan pada saat itu bahwa perundingan tersebut gagal karena geng narkoba tidak mau berhenti berebut wilayah di negara pantai Pasifik tersebut. Pertempuran di wilayah tersebut telah menutup transportasi di setidaknya dua kota dan menyebabkan puluhan pembunuhan dalam beberapa bulan terakhir.

    “Mereka meminta kebenaran, tetapi dengan syarat” mengenai pembagian wilayah, kata González Hernández tentang pembicaraan yang diadakan beberapa minggu sebelumnya. “Tetapi kondisi ini tidak disetujui oleh salah satu peserta.”

    Pada bulan Februari, Presiden Meksiko, Andrés Manuel López Obrador mengatakan dia menyetujui pembicaraan semacam itu.

    “Para imam serta anggota dari semua gereja telah berpartisipasi, membantu dalam menenangkan negara. Saya pikir ini sangat bagus,” kata Obrador.

    Kritikus mengatakan perundingan tersebut menggambarkan sejauh mana kebijakan pemerintah untuk tidak menghadapi kartel telah membuat warga negara pada umumnya harus membuat perjanjian damai tersendiri dengan geng-geng tersebut. Ini semacam pengakuan bahwa pemerintah tidak dapat memberikan kondisi yang aman untuk warga. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI