27.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Uskup Agung Merauke dan Danrem 174/ATW Siap Bersinergi Membangun Papua dengan Cinta

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC bersama Jajaran Korem Merauke Papua Selatan. Korem 174/ATW Merauke.

    MERAUKE, Pena Katolik – Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo melakukan audiensi kepada Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC di Keuskupan Agung Merauke, Jl. Mandala Merauke, Papua Selatan. Audiensi ini diadakan dalam rangka menjalin tali silaturahmi guna penyamaan persepsi tentang tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat, Kamis 30 Maret 2023.

    Agus memperkenalkan diri sebagai pejabat baru Danrem 174/ ATW yang wilayah tugasnya sebagian besar di Papua Selatan. Ia memperkenalkan para perwira yang hadir di antarnya ia didampingi Kasrem, para Kasi dan Dandim 1707/ Merauke.

    Agus memohon bimbingan dan kiat-kiat bertugas di tanah Papua. Perjumpaan ini untuk membangun sinergi dengan Keuskupan Agung Merauke. Sebagaimana diketahui, Mgr. Mandagi sudah cukup lama dan mengakar di wilayah ini dan menjadi panutan masyarakat di Papua. Uskup juga memiliki jaringan yang sangat luas baik di dalam maupun luar negeri.

    Mgr. Mandagi mengucapkan terima kasih atas kehadiran langsung Danrem dengan seluruh Perwira jajarannya. Mgr. Mandagi mengatakan, ini adalah bukti keseriusan dalam membangun kerj asama. Ia menyampaikan bahwa adalah mustahil negara tanpa tentara dan polisi, di seluruh negara di dunia seperti itu.

    “Negara butuh tentara dan polisi untuk meyakinkan kondisi negara aman, sehingga pembangunan dapat dijalankan untuk menuju kesejahteraan masyarakat,” uangkap Mgr. Mandagi.

    Secara khusus, Mgr. Mandagi menyampaikan bahwa Papua ini harus dibangun dengan cinta kasih. Ia mengatakan, Tuhan juga menyentuh manusia penuh kasih karena kita semua adalah ciptaan-Nya yang memiliki derajad yang sama di mata Tuhan.

    “Pada prinsipnya bahwa kita semua memiliki tugas yang sama, yang mulia untuk melakukan pelayanan kepada umat manusia. Oleh karena itu TNI juga harus bisa melaksanakan fungsi-fungsi kemanusiaan. Para prajurit sebaiknya bisa mengendalikan diri pada saat menghadapi situasi-situasi yang sulit atau tertekan, atasi persoalan tidak lagi dengan kekerasan tetapi dengan cinta kasih,” ujar Mgr. Mandagi.

    Agus juga menyampaikan agar tindakan-tindakan dalam rangka penegakkan hukum, di dalamnya ada nilai-nilai kemanusiaan yang harus dijunjung tinggi. Agus mengakui, nilai-nilai ini  sudah disosialisasikan kepada seluruh prajurit dan menjadi komitmen seluruh prajurit Korem 174/ ATW.

    Dalam suasana yang akrab, Uskup Mandagi banyak menceritakan tentang pengalamannya selama bertugas di beberapa wilayah Indonesia, baik di Ambon Maluku, Manado atau di wilayah-wilayah lain di Papua dan di Indonesia secara umum. Mgr. Mandagi sangat menghargai dan berterima kasih atas kunjungan Agus dan jajaran Korem Merauke.

    Agus mengucapkan terima kasih kepada Uskup Agung Mandagi dan berjanji bahwa ini bukan kunjungan yang pertama. Ke depan, secara informal, ia dan Mgr. Mandagi akan terus menjalin komunikasi untuk mengimplementasikan tugas-tugas yang diemban dalam kehidupan bermasyarakat.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI