34 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Paus Fransiskus Membuka Sinode Sinodalitas: Ia Mengingatkan Pentingnya Harmoni

BERITA LAIN

More
    Misa Pembuka Sinode Sinodalitas. Vatican Media

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus dalam pidato pembukaan Sinode Sinodalitas pada hari Rabu, 4 Oktober 2023, memberikan panduan kepada para peserta tentang bagaimana pertemuan selama sebulan itu akan dilanjutkan. Sambil menunjukan teks dari St. Basilius tentang Roh Kudus, Paus menekankan pentingnya mendengarkan daripada berbicara.

    Ia mengatakan Gereja “dijeda” sama seperti para rasul ketika berkumpul di ruang atas sebelum Pentakosta, hanya saja mereka bersembunyi dalam ketakutan dan saat ini berbeda.

    “Ini adalah jeda dari Gereja yang mendengarkan. Dan itulah pesan yang paling penting,” katanya di Aula Paulus VI Vatikan.

    Pagi harinya, Paus Fransiskus merayakan Misa pembukaan sinode di Lapangan Santo Petrus. Sidang sinode yang berlangsung pada 4-29 Oktober juga memanfaatkan teknologi baru, termasuk tablet untuk para peserta. Kamera video dan mikrofon di setiap meja memungkinkan kontribusi pembicara dibagikan di layar di meja anggota lainnya. Terjemahan simultan juga tersedia dalam bahasa-bahasa utama. Ke-364 delegasi tersebut duduk di meja yang terdiri dari sekitar 12 orang, dibagi berdasarkan bahasa: Inggris, Italia, Spanyol, Portugis, atau Prancis.

    Pada sidang umum pertama, atau pertemuan seluruh peserta, Paus Fransiskus mengatakan sinode dengan topik sinodalitas “tidak mudah tetapi indah.” Ia mengatakan setelah sinode Amazon pada tahun 2019, sebuah survei dikirimkan kepada para uskup di seluruh dunia untuk mendapatkan pendapat mereka mengenai topik-topik penting untuk dibahas sebagai sebuah Gereja. Sinodalitas, kata Paus Fransiskus, adalah jawaban paling populer pertama, diikuti oleh imamat, dan sebuah isu sosial yang tidak ditentukan secara spesifik.

    “Sebagian besar uskup di dunia melihat perlunya merefleksikan sinodalitas,” tegasnya.

    Mengulangi seruannya bahwa sinode bukanlah sebuah parlemen atau pertemuan Gereja mengenai pelayanan pastoral, Paus Fransiskus menggarisbawahi prioritas mendengarkan Roh Kudus daripada berbicara. Beliau mengatakan “kata-kata kosong” adalah salah satu hal yang paling menyedihkan Roh Kudus, dan gosip adalah salah satu dosa paling umum di Gereja.

    “Saya menekankan hal ini: jangan membuat Roh Kudus sedih,” kata Paus.

    Paus Fransiskus memimpin Misa yang membuka Sinode Sinodalitas di Vatikan, pertemuan ini akan berlangsung selama sebulan. IST

    Paus Fransiskus juga mengatakan kepada para peserta bahwa harus ada “puasa tertentu di depan umum” selama sinode. Saat berbicara kepada media, ia mengenang “tekanan” pada Sinode Amazon tahun 2019 terhadap penahbisan pria yang sudah menikah menjadi imam, yang disebut “viri probati,” dan “opini publik” di kedua sinode mengenai keluarga tentang mengizinkan perceraian dan pernikahan kembali. Umat Katolik menerima Komuni Kudus.

    “Sekarang ada hipotesis tentang sinode ini,” tambahnya. “Apa yang akan mereka lakukan…pendeta wanita. Ini adalah hal-hal yang mereka katakan di luar.” Sesi dibuka dengan doa Liturgi Jam, termasuk pembacaan Injil St. Matius untuk peringatan St. Fransiskus dari Assisi.

    Patriark Katolik Koptik Ibrahim Isaac Sedrak, salah satu dari 10 presiden delegasi, memberikan pidato pertama pada hari itu. Ucapan Paus Fransiskus dilanjutkan dengan pidato Sekretaris Jenderal Sinode Kardinal Mario Grech dan Relator Jenderal Sinode Kardinal Jean-Claude Hollerich.

    Pada tanggal 5 Oktober, sinode akan dilanjutkan dengan diskusi kelompok kecil, yang disebut “percakapan dalam Roh.” Membaca kutipan dari St. Basilus yang termasuk dalam kumpulan teks patristik yang ia pilih untuk dibagikan kepada para peserta sinode, Paus mengingatkan pentingnya harmoni. Karya besar Roh Kudus adalah keharmonian, katanya, seraya menambahkan bahwa “jika tidak ada keselarasan, maka tidak ada Roh Kudus.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI