30 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Seorang Pria di Brazil Menjadi Manusia Tertua yang menerima Sakramen Inisiasi Setelah Dibaptis di Usia 104 Tahun

BERITA LAIN

More
    José Lourenço da Silva saat menerima Komuni Pertama. IST

    PARANA, Pena Katolik – José Lourenço da Silva menjadi orang tertua dalam Sejarah yang menerima Sakramen Inisiasi (Baptis, Komuni Pertama, dan Krisma). Ia dibaptis dengan syarat dalam Gereja Katolik pada usia 104 tahun. Ia lahir pada 17 Juni 1921.

    Dalam sebuah Misa di Gereja St. Tadeus di Alto Piquiri, Paraná, da Silva dibaptis bersyarat. Seturut hukum Gereja, Baptis Bersyarat dapat diterima oleh seseorang yang merasa tidak yakin apakah pernah dibaptis secara sah sebelumnya. Hal ini umumnya karena tidak ada catatan penerimaan sakramen atau tidak ada saksi yang dapat meyakinkan seseorang sudah dibaptis dalam Gereja Katolik.

    Pada kesempatan ini, da Silva menerima juga Sakramen Inisiasi Kristiani yang lain yaitu: Komuni Pertama dan Krisma. Dengan diterimanya Sakramen ini, da Silva resmi menjadi bagian dair Gereja Katolik dan menjadi manusia tertua yang menerima Sakramen Inisiasi.

    Upacara penerimaan Sakramen Inisiasi ini dipimpin Pastor Antonio Murilo Macedo da Luz, pastor di Keuskupan San Jose.

    José Lourenço da Silva saat menerima Sakramen Baptis. IST

    Beberapa minggu sebelumnya, da Silva berjumpad dengan Sidônia dos Santos. Ketika da Silva ditanya apakah dia dibaptis, dia mengatakan bahwa dia telah dibaptis di rumah, tidak pernah di gereja. Pada saat ia kecil, belum ada gereja di kampungnya. Ia menambahkan bahwa dia ingin menerima sakramen-sakramen di gereja dan, khususnya, “menerima Hosti”.

    Segera, pengaturan yang diperlukan dibuat baginya untuk menerima katekese. Hari besar akhirnya tiba! Setelah dibaptis, menerima Tubuh dan Darah Kristus untuk pertama kalinya, dan dikukuhkan dalam iman melalui Sakramen Krisma.

    “Tubuhku yang tadinya berat, kini menjadi ringan. Saya biasa berbaring di tempat tidur dan bermimpi tentang begitu banyak sampah dan sekarang tidak lagi. Saya sering bermimpi tentang hal-hal buruk. Setelah pembaptisan saya tidak bermimpi lagi. Saya telah banyak berkembang,” ujar da Silva.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI