Uskup Asal India Mengundurkan Diri, 16 Bulan Setelah Sidang yang Menuduhnya Memerkosa

0
952
Uskup Franco Mulakkal. IST

INDIA, Pena Katolik – Vatikan telah mengumumkan, pengunduran diri seorang uskup India yang dituduh memperkosa seorang biarawati antara tahun 2014 dan 2016. Uskup Franco Mulakkal, 54, adalah Uskup Jalandhar di negara bagian Punjab.

Mulakkal, selama ini membantah tuduhan tersebut, namun ia dinyatakan tidak bersalah tahun lalu oleh pengadilan di negara bagian Kerala. Perwakilan diplomatik Vatikan di India mengatakan bahwa banding terhadap pembebasan Mulakkal telah diterima di pengadilan tinggi di Kerala.

Pada hari Kamis, 1 Juni 2023, Mulakkal mengonfirmasi pengunduran dirinya. Mengingat situasi yang masih memecah belah, pengunduran diri Mulakkal diminta demi kebaikan Keuskupan Jalandhar. Pengunduran didi ini juga untuk memberi jalan bagi seorang uskup baru, demikian kata perwakilan diplomatik Vatikan di India dalam sebuah pernyataan.

Tuduhan Pemerkosaan

Suster yang menuduh Mulakkal melakukan pemerkosaan adalah Suster Misionaris Yesus, sebuah kongregasi yang memiliki karya di Kerala yang merupakan bagian dari Keuskupan Jalandhar. Ia menuduh uskup telah memperkosanya 13 kali. Kekejian ini dilakukan ketika ia mengunjungi biara suster itu di Kota Kottayam, di Kerala pada Mei 2014.

Suster itu mengajukan petisi ke Vatikan dan menulis surat terbuka kepada perwakilan Paus di ibu Delhi pada 2018, suster itu mengklaim bahwa surat itu adalah surat keempat yang ia kirim. Hal ini menyebabkan protes yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh para biarawati dan aktivis yang keluar untuk mendukung suster tersebut.

Beberapa biarawati lain yang memprotes uskup menuduh Gereja Katolik di Kerala, serta pejabat Vatikan, menutup mata terhadap tuduhan pemerkosaan ini. Mulakkal ditangkap di Kerala pada 2018. Setelahnya, Vatikan mensuspen uskup itu dari tugasnya.

Pada 14 Januari 2022, setelah dia dibebaskan oleh pengadilan, pengacara suster tersebut mengatakan bahwa mereka akan menggugat putusan tersebut di pengadilan tinggi. Mulakkal meninggalkan pengadilan pada Januari tahun lalu, setelah dibebaskan dari tuduhan pemerkosaan. Hakim dalam kasus tersebut menemukan bahwa penuntut gagal membuktikan semua tuduhan terhadap terdakwa.

Malukkal juga mengklaim tuduhan itu dibuat sebagai pembalasan atas penyelidikannya atas pelanggaran seksual suster yang menuduhnya itu. Ia mengatakan suster tadi diduga berselingkuh dengan suami sepupunya.

Mulakkal ditahbiskan menjadi imam untuk Keuskupan Jalandhar pada tahun 1990. Pada tahun 2009, ia diangkat sebagai uskup pembantu untuk Keuskupan Agung Delhi, dan menjadi uskup Keuskupan Jalandhar pada Juni 2013.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here