Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Pimpin Misa Bagi Umat TNI-Polri di Pontianak, Kardinal Suharyo Menyebut Tiga Pahlawan Katolik yang Jadi Patron di Setiap Matra

Kardinal Ignatius Suharyo dan Mgr Agustinus Agus memimpin Misa bersama umat di lingkup TNI-Polri di Pontianak. IST

PONTIANAK, Pena Katolik – Uskup umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri, Kardinal Ignatius Suharyo memimpin Perayaan Ekaristi bagi Umat Katolik TNI Polri (Ordinariatus Castrensis Indonesia/OCI) di Pontianak di Katedral St Yusuf Pontianak, Selasa 14 Maret 2023. Ia didampingi Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus.

Dalam kotbahnya, Kardinal Suharyo menyampaikan tentang panggilan hidup Kristiani menuju kesempurnaan hidup. Salah satu bentuknya, adalah menghidupi rasa cinta akan tanah air. Ia mendorong umat Katolik TNI-Polri untuk tak lelah berjuang untuk melanjutkan warisan iman yang telah ditorehkan oleh pada pahlawan. Kardinal Suharyo menyebutkan beberapa pahlawan nasional Katolik yaitu Ignatius Slamet Riyadi (AD); Yos Sudarso (AL);  Agustinus Adisutjipto (AU), dan Karel Satsuitubun (Polri). Seperti diketahui, pahlawan-pahlawan ini juga menjadi semacam “patron” di angkatan masing-masing. Sebut saja misalnya Adisutjipto yang saat ini diabadikan menjadi nama bandara di Yogyakarta.

Kardinal Suharyo menyebutkan, pahlawan nasional ini melengkapi dua pahlawan nasional dari rohaniwan Katolik dan awam yaitu, Uskup Agung Semarang, Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ dan Ignatius Joseph Kasimo. 

Kardinal Ignatius Suharyo dan Mgr Agustinus Agus mengunjungi Pangdam Tanjungpura Pontianak. IST

Ditambahkannya, kekuatan pemberian hidup jiwa raga bagi kedaulatan dan keselamatan bangsa dan negara ini menjadi teladan sekaligus menjadikan umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri siap mengabdi dan berbakti untuk bangsa dan negara.

Sementara itu, Vikjen OCI, Romo Letkol Yos Bintoro mengharapkan peran serta umat Katolik TNI dan Polri untuk menghidupi paguyuban beriman dalam wadah pelayanan OCI. Ia berharap, umat di lingkup TNI-Polti mendukung rawat rohani, bimbingan, dan pembinaan mental rohani Katolik di lingkungan TNI dan Polri Pontianak.

“Agar setiap personel TNI dan Polri dapat melaksanakan tugas yang baik dengan berpedoman pada kekuatan bimbingan Tuhan, makin cinta tanah air dan semakin melaksanakan tugas pokok  fungsi dengan mengedepankan semangat belarasa dan jiwa korsa atau esprit de corps,” kata Rm Yos, lulusan Sekolah Prajurit Perwira Karir tahun 1997.

Sesudah misa diadakan acara ramah-tamah dan sambung rasa umat TNI Polri dengan Kardinal Suharyo serta para pendamping/rombongan Uskup Kardinal terdiri dari, Brigjen (Purn) Pontianus Gunung Sarasmoro (TNI AD), Kombes Pol FX Surya Kumara (Polri), Letkol Laut (S) Yules Verne (TNI AL) dan Kapten Caj Robertus Ardedi (TNI AD).

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini