26.7 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Bacaan dan Renungan Senin 20 Maret 2023 – Hari Raya St. Yosef, suami Santa Perawan Maria (Putih)

BERITA LAIN

More

    Bacaan Pertama 2 Samuel 7:4-5a.12-14a.16

    “Tuhan Allah akan memberikan Dia takhta Daud bapa-Nya.”

    Pada suatu malam datanglah firman Tuhan kepada Natan, “Pergilah, katakanlah kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman Tuhan: Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat istirahat bersama nenek moyangmu, Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.

    Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku, dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya. Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.”

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Syukur Kepada Allah.

    Mazmur Tanggapan Mzm 89:2-3.4-5.27.29

    Ref. Anak cucunya akan lestari untuk selama-lamanya.

    • Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya, hendak menuturkan kesetiaan-Mu turun-temurun. Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.
    • Engkau berkata, “Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku, Aku telah bersumpah kepada Daud, hamba-Ku; Aku hendak menegakkan anak cucumu untuk selama-lamanya, dan membangun takhtamu turun-temurun.”
    • Dia pun akan berseru kepada-Ku, “Bapakulah Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku”. Untuk selama-lamanya Aku akan memelihara kasih setia-Ku bagi dia, dan perjanjian-Ku dengannya akan Kupegang teguh”.

    Bacaan Kedua Roma 4:13.16-18.22

    “Sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, Abraham toh berharap dan percaya.”

    Saudara-saudara, bukan karena hukum Taurat Abraham dan keturunannya diberi janji bahwa mereka akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran atas dasar iman. Kebenaran yang berdasarkan iman itu merupakan kasih karunia belaka.

    Maka janji kepada Abraham itu berlaku bagi semua keturunannya, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab di hadapan Allah Abraham adalah bapa kita semua, seperti ada tertulis, “Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa.” Kepada Allah itulah Abraham percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang dengan firman-Nya menciptakan yang tidak ada menjadi ada.

    Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, Abraham toh berharap dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, sebab Allah telah berfirman kepadanya, “Begitu banyaklah nanti keturunanmu.” Dan hal itu diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Syukur Kepada Allah.

    Bait Pengantar Injil Mzm 84:5

    Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Sang Raja kemuliaan kekal.

    Berbahagialah orang yang diam di rumah-Mu, yang memuji-muji Engkau tanpa henti.

    Bacaan Injil Matius 1:16.18-21.24a

    “Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan.”

    Menurut silsilah Yesus Kristus, Yakub memperanakkan Yusuf, suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Sebelum Kristus lahir, Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf. Ternyata Maria mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

    Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati, dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika Yusuf mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata, “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

    Maria akan melahirkan anak laki-laki, dan engkau akan menamai Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya.

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Terpujilah Kristus.

    Atau

    Bacaan Injil Lukas 2:41-51a

    “Yesus ditemukan orang tua-Nya di tengah para ahli kitab.”

    Tiap-tiap tahun, pada hari raya Paskah, orangtua Yesus pergi ke Yerusalem. Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun, pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu. Seusai hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orangtua-Nya. Karena mereka menyangka bahwa Yesus ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu baru mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan.

    Karena tidak menemukan Dia, kembalilah orangtua Yesus ke Yerusalem sambil terus mencari Dia. Sesudah tiga hari, mereka menemukan Yesus dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.

    Semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan dan segala jawab yang diberikan-Nya. Ketika Maria dan Yusuf melihat Dia, tercenganglah mereka. Lalu kata ibu-Nya kepada-Nya, “Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami?”

    Lihatlah, Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau.” Jawab Yesus kepada mereka, “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu Yesus pulang bersama-sama mereka ke Nazaret.

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Terpujilah Kristus.

    Teladan St Yosef

    Pada hari raya St Yosef, kita merayakan abdi Allah yang luar biasa ini yang telah dengan setia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk pelayanan Tuhan, dan yang telah menunjukkan kepada kita apa artinya bagi kita untuk menjadi murid dan pengikut Tuhan, dengan iman dan tindakan.

    Sebagai Suami SP. Maria, Bunda Allah, St Yosef juga adalah Bapa Asuh Tuhan Yesus, dia bukan ayah biologis Tuhan Yesus, tetapi dia adalah ayah sah-Nya, melalui pernikahannya dengan Perawan Maria, Bunda Yesus.

    St Yosef mendedikasikan hidupnya untuk Tuhan dan untuk melakukan kehendak-Nya. Dia selalu hidup dengan bajik dan terhormat, seorang model Kristen dalam segala hal.

    Meskipun dia hanyalah seorang tukang kayu sederhana di sebuah desa kecil di pinggiran dunia Yahudi pada waktu itu, St. Yosef memang seorang pria besar, yang telah dipilih Tuhan untuk menjadi alat yang melaluinya Dia akan masuk ke dunia dan melakukan pekerjaan-Nya. St Yosef juga adalah orang yang jujur ​​dan berani yang selalu menunjukkan kasih kepada Tuhan dan sesamanya.

    St Yosef yang pestanya kita rayakan hari ini adalah Pelindung Agung Gereja dan kita semua umat Kristiani sebagaimana dia adalah Pelindung Keluarga Kudus yang setia, berkomitmen dan setia.

    Dan kita ingat semua yang telah dia lakukan dalam merawat Keluarga Kudus, yang pertama dan terutama dalam bagaimana dia bekerja keras untuk melindungi Anak Yesus yang rentan dari tangan musuh-musuh-Nya, semua orang yang mencari kematian-Nya.

    Dia melindungi Yesus dan Maria dari bahaya bahkan sebelum Yesus lahir, merawat Maria dan membantunya menemukan tempat tinggal saat dia dan St. Yosef pergi ke Betlehem untuk sensus Kaisar Agustus.

    Dan kemudian St Yosef membawa Maria dan Yesus ke Mesir melarikan diri dari tangan Raja Herodes, yang ingin Anak Yesus untuk dibunuh, St Yosef mengikuti kata dan nasihat dari Malaikat Tuhan yang menyuruhnya untuk membawa keluarganya keluar ke Mesir.

    Dia merawat mereka di sana dan membawa Maria dan Yesus kembali ke Nazaret setelah musuh-musuh Tuhan berlalu. Dia benar-benar ayah yang hebat dan orang yang saleh, mendedikasikan dirinya dan hidupnya untuk misi yang telah dipercayakan kepadanya.

    Dia mungkin hanya seorang tukang kayu rendahan yang sering dipandang rendah oleh orang lain, tetapi kebajikan dan kebesarannya jauh melampaui apa pun. Melalui St Yosef, Tuhan kita Yesus lahir secara sah sebagai Pewaris dan Anak Daud.

    Sesuai dengan silsilah yang kita dengar hari ini dari Injil St Matius, Yosef adalah ahli waris sah Daud, lahir dari garis keturunan dan keturunannya dan oleh karena itu, sama seperti Tuhan berjanji kepada Daud bahwa pemerintahannya, rumah dan kerajaannya akan kokoh selamanya, semua ini digenapi di dalam Kristus. Melalui Yesus Kristus, Tuhan telah datang ke dunia ini, untuk memerintah sebagai Raja kita, dan membangun kembali Kerajaan Tuhan yang sejati di dunia ini.

    Tetapi seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, kita merayakan memori mulia St. Yosef lebih dari sekedar karena dia adalah ayah angkat Tuhan Yesus dan Juruselamat kita. Karena kebajikan dan kebenarannya yang luar biasa, kami bersukacita memiliki panutan dan inspirasi yang begitu besar dalam kehidupan kami sendiri.

    St Yosef adalah teladan yang luar biasa yang dapat kita ikuti dalam hidup kita sendiri, saat kita memandangnya sebagai pemandu kita dalam perjalanan iman kita sendiri melalui hidup menuju Tuhan.

    Kita selalu diingatkan bahwa kita juga harus benar, baik dan berkomitmen dalam hidup kita, berjalan dengan Tuhan dan membantu untuk membimbing satu sama lain dalam iman kepada-Nya.

    Itulah sebabnya, di masa Prapaskah ini, kita semua dipanggil untuk melihat teladan baik yang diberikan oleh St Yosef dan kita dipanggil untuk meniru dia dalam hidup kita sendiri, mengingatkan diri kita untuk menjadi lebih benar dan adil, lebih berkomitmen untuk ikuti Tuhan dengan mengikuti teladan St. Yosef, yang bekerja keras dalam hidup dengan kejujuran dan keadilan, tidak memikirkan keinginan, ambisi, ego, atau keserakahan pribadinya sendiri. Dia menempatkan Tuhan di atas segalanya dan misi yang telah Dia percayakan kepadanya, dia telah melakukan dengan kesabaran dan kebajikan.

    Kita semua harus ingat bahwa kita harus menunjukkan kebajikan ini dalam hidup, dalam setiap momen dan tindakan kita, dalam apa pun yang kita katakan dan lakukan. Marilah kita benar-benar memanfaatkan waktu dan kesempatan yang diberikan kepada kita pada masa Prapaskah ini untuk menemukan kembali iman kita kepada Tuhan, menghubungkan kembali hidup kita dengan-Nya, mengarahkan kembali cara, pikiran dan semua hal yang kita katakan dan lakukan, agar semua itu selaras dengan Tuhan dan jalan-Nya.

    Mari kita semua melakukan yang terbaik dan semakin dekat dengan Tuhan dan keselamatan-Nya, agar kita dipenuhi dengan kasih karunia dan kasih-Nya, setiap saat.

    Semoga Tuhan menyertai kita semua, dan semoga Dia memberi kekuatan kepada kita masing-masing agar kita dapat selalu berjalan dengan setia di hadirat-Nya, dan semoga Dia memberkati semua tindakan dan pekerjaan kita. St. Yosef, Pelindung Keluarga Kudus dan Pelindung Gereja, doakanlah kami.

    Doa Penutup

    Allah Bapa yang Mahakuasa, Engkau telah menyerahkan awal misteri keselamatan kepada Santo Yosef untuk dijaganya dengan setia. Kami mohon, semoga berkat doanya Gereja-Mu selalu membantu mewujudkan karya penyelamatan-Mu itu. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin. Sumber https://www.renunganhariankatolik.web.id/

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI