28 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Presiden Nikaragua Melarang Prosesi Paskah dan Menyerang Para Uskup

BERITA LAIN

More
    Uskup Matagalpa Mgr Rolando Alvarez. Vatican News

    NIKARAGUA, Pena Katolik –  Pemerintah Presiden Nikaragua Daniel Ortega telah melarang perayaan prosesi publik tradisional Jalan Salib selama masa Prapaskah tahun ini. Ia juga menuduh para Uskup Katolik melakukan kejahatan dan kengerian yang berat.

    Dalam langkah terbaru melawan Gereja Katolik dan lawan pemerintah di Nikaragua, pemerintah Ortega dilaporkan telah melarang prosesi publik tradisional Jalan Salib di semua paroki di negara tersebut. Selama Prapaskah, dan juga pada hari Jumat Agung, ritual tersebut akan dilakukan di dalam gereja dan bukan di tempat umum.

    Langkah tersebut dilakukan dalam konteks tindakan keras Presiden Ortega yang meningkat terhadap Gereja Nikaragua. Tindakan ini sebagai balasan pemerintah atas protes yang meluas atas hukuman baru-baru ini terhadap Uskup Rolando Álvarez dari Matagalpa menjadi 26 tahun penjara dan deportasi 222 lawan politik ke Amerika Serikat.

    Mereka semua telah dicabut kewarganegaraannya bersama dengan 94 warga negara Nikaragua lainnya, termasuk Uskup Pembantu Silvo José Baez dari Managua yang diasingkan, dan seorang imam dari Matagalpa.

    Tuduhan Kepada Uskup

    Ketegangan antara rezim Sandinista dan Gereja Katolik mencapai puncaknya minggu lalu ketika, dalam pidato peringatan 89 tahun pembunuhan pahlawan nasional Nikaragua Augusto Sandino, Ortega melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Gereja. Ia menuduh hierarki Katolik “sangat serius” melakukan tindakan “kejahatan dan kengerian” dan mendukung diktator Somoza, yang digulingkan oleh Revolusi Sandinista pada tahun 1979.

    Dalam pidatonya, Ortega juga menuduh kepausan mendukung diktator Italia Mussolini. Ia juga menuduh Vatikan sebagai organisasi mafia.

    “Saya tidak percaya pada Paus atau siapa yang memilih Paus. Jika kita ingin berbicara tentang demokrasi, orang pertama-tama harus memilih imam dan uskup, dan bahkan Paus harus dipilih melalui pemungutan suara langsung dan bukan oleh mafia terorganisir di Vatikan.

    Solidaritas Sedunia

    Pernyataan Ortega ini datang setelah seruan Paus Francis untuk Nikaragua pada 12 Februari 2023. Selama doa Angelus, Paus mengatakan dia berdoa untuk Uskup Álvarez, untuk mereka yang telah dideportasi ke Amerika Serikat, dan untuk semua orang yang menderita di negara tercinta Nikaragua. Paus Fransiskusmenyerukan ungkapan solidaritas dengan Gereja di Nikaragua dari seluruh dunia.

    Ortega tidak menyebutkan 222 orang buangan itu atau hukuman baru-baru ini kepada Uskup Álvarez 26 tahun penjara dijatuhkan karena pengkhianatan. Dalam beberapa hari terakhir, Pusat Hak Asasi Manusia Nikaragua (Cenidh) menyerukan pembebasan segera uskup itu. Lembaga ini mengatakan bahwa Mgr. Alvarez ditahan secara tidak adil. Kelompok tersebut mengecam bahwa, sejak pemenjaraannya di penjara keamanan La Modelo, tidak ada berita tentang dia, dan tidak ada kunjungan keluarga yang diizinkan.

    Dukungan para Uskup

    Menyusul seruan Paus Fransiskus, para Uskup AS juga telah menyatakan solidaritas mereka dengan Gereja di Nikaragua. Dalam sebuah pernyataan minggu lalu, presiden Konferensi Uskup Katolik AS (USCCB), Mgr. Timothy P. Broglio, berterima kasih kepada komunitas Katolik di Amerika Serikat atas sambutan hangat yang diberikan kepada “orang buangan” Nikaragua.

    “Pada saat-saat kelam ini, harapan berani, amal, dan solidaritas menjadi saksi vitalitas abadi iman rakyat Nikaragua dan di antara umat Katolik di seluruh dunia yang mendukung umat Nikaragua,” kata Mgr. Broglio. Ia mendesak pemerintah AS dan mitra lainnya untuk terus mengejar pembebasan Uskup Álvarez dan pemulihan hak asasi manusia di Nikaragua.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI