Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus Berduka dan Menyerukan Solidaritas International untuk Gempa di Turki dan Suriah

Beberapa orang di sekitar reruntuhan setelah gempa di Turki

ANKARA, Pena Katolik – Paus Fransiskus sedih dengan banyaknya korban jiwa yang disebabkan oleh gempa bumi di Turki dan di Suriah. Kata-katanya tentang kedekatan dan jaminan doa datang dalam telegram yang dikirim ke nunsius apostolik negara-negara tersebut.

Paus Fransiskus mengatakan dia sangat sedih mengetahui hilangnya banyak nyawa yang disebabkan oleh gempa kuat yang melanda Turki tenggara dan Suriah barat laut. Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang sebagian besar negara-negara tetangga Senin pagi, merobohkan ratusan bangunan dan menewaskan ribuan orang.

Ribuan orang diyakini masih terperangkap di bawah reruntuhan dan jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat saat petugas penyelamat mencari puing-puing di kota-kota besar dan kecil di seluruh area.

Dalam dua telegram terpisah yang ditandatangani atas namanya oleh Sekretaris Negara Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, Paus menyampaikan belasungkawa dan meminta nuncio apostolik, Marek Solczynski di Turki, dan Mario Zenari di Suriah, untuk mengirimkan jaminan kedekatan spiritualnya kepada semua yang terkena dampak.

Paus mempercayakan “mereka yang meninggal pada belas kasihan penuh kasih dari Yang Mahakuasa” dan mengirimkan “belasungkawa yang tulus kepada mereka yang berduka atas kehilangan mereka.”

Demikian pula, dia mengatakan dia “berdoa agar personel darurat akan didukung dalam perawatan mereka yang terluka dan dalam upaya bantuan yang berkelanjutan dengan karunia ketabahan dan ketekunan ilahi.” Paus juga mengungkapkan “tanda baru dari solidaritas spiritualnya” untuk “rakyat Suriah yang telah lama menderita.”

Pusat Gemba

Pusat gempa – yang terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat – terletak di dekat Gaziantep, sebuah distrik industri dan manufaktur penting yang dekat dengan perbatasan Turki-Suriah. Turki yang terletak di patahan Anatolia Timur berada di salah satu zona gempa bumi paling bergejolak di dunia. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa setidaknya 2.800 bangunan telah runtuh. Lebih buruk lagi, gempa bumi kedua melanda Turki tenggara pada hari Senin waktu makan siang dengan pusat gempa sekitar 80 mil dari Gaziantep.

Sementara itu, pejabat di Suriah mengatakan sedikitnya 320 orang tewas di daerah yang dikuasai pemerintah, sementara petugas penyelamat mengatakan sedikitnya 100 lainnya tewas di distrik yang dikuasai pemberontak.

Uni Eropa mengirimkan tim penyelamat ke wilayah tersebut, bersama dengan bantuan yang dijanjikan dari Inggris, Israel, Swedia, Prancis, dan Jerman. Negara tetangga Yunani juga memobilisasi sumber dayanya. Lima bulan lalu, gempa berkekuatan 7,0 melanda Laut Aegea, menewaskan 116 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Solidaritas International

Selama Audiensi Umum, Paus Fransiskus mengeluarkan permohonan bantuan untuk semua yang terkena dampak gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah, karena jumlah korban tewas melonjak. Ia menyampaikan hal ini selama Audiensi Umum di Vatikan pada Rabu pagi, 08 Februari 2023.

“Dengan emosi saya berdoa untuk mereka, dan mengungkapkan kedekatan saya kepada orang-orang ini, kepada keluarga para korban dan kepada semua orang yang menderita dari bencana yang menghancurkan ini.”

Paus berterima kasih kepada mereka yang bekerja untuk memberikan bantuan, dan mendorong semua orang untuk menunjukkan solidaritas dengan wilayah-wilayah tersebut, beberapa di antaranya telah dirusak oleh perang yang panjang.

“Mari kita berdoa bersama agar saudara dan saudari kita ini dapat bergerak maju dalam menghadapi tragedi ini, dan marilah kita meminta Bunda Maria untuk melindungi mereka,” ujarnya.

Masyarakat Misi Kepausan di Amerika Serikat membuka Dana Bantuan Gempa untuk Turki dan Suriah untuk membantu penderitaan. Hasil dari dana ini akan mendukung para imam misionaris, wanita religius dan misionaris awam di lapangan memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak bencana.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini