29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Mengapa Paus Benediktus XVI Selalu Meletakkan Salib di Altar?

BERITA LAIN

More
    Sebuah salip diletakkan di altar ketika Paus Benediktus XVI memimpin Misa. Alateia

    VATIKAN, Pena Katolik – Ritus Roma Gereja Katolik mensyaratkan sebuah salib diletakkan di atas altar atau di dekatnya, tidak ada persyaratan khusus untuk penempatan yang tepat. Itu bisa ditempatkan di dinding, menjadi salib prosesi, atau hanya sebuah salib kecil yang diletakkan mendatar di atas altar.

    Namun, Paus Benediktus XVI adalah pendukung kuat untuk menempatkan salib besar yang terlihat di altar. Paus Fransiskus juga melanjutkan tradisi ini, mengikuti teladan pendahulunya.

    Benediktus XVI menjelaskan alasannya dalam bukunya Spirit of the Liturgy. Ia pertama kali menjelaskan klaim bahwa salib di altar akan “menghalangi” pandangan jemaat tentang imam. Dari sudut pandang Benediktus XVI, salib bukanlah sebuah penghalang, melainkan undangan untuk memandang Tuhan bersama.

    “Namun, salib di altar bukanlah halangan untuk dilihat, melainkan titik referensi yang umum. Ini adalah ‘ikonostasi’ yang tetap terbuka, yang tidak menghalangi saling dalam persekutuan, tetapi merupakan mediator dan masih menandakan bagi semua orang gambar yang memusatkan dan menyatukan pandangan kita.”

    “Saya berani mengajukan tesis bahwa salib di atas altar bukanlah halangan, tetapi syarat awal untuk perayaan ‘versus populum.’ Juga diperjelas dengan ini adalah perbedaan antara liturgi Sabda dan Doa Syukur Agung.

    “Sedangkan yang pertama adalah tentang pewartaan dan karenanya hubungan timbal balik langsung, yang kedua berkaitan dengan pemujaan komunitas di mana kita semua terus berada di bawah undangan: ‘Conversi ad Dominum’ marilah kita berpaling kepada Tuhan; marilah kita bertobat kepada Tuhan!”

    Mengomentari kecenderungan beberapa orang untuk menyingkirkan dari salib di altar, Paus Benediktus XVI menjelaskan perasaannya dengan agak gamblang.

    “Memindahkan salib altar ke samping untuk memberikan pandangan tanpa gangguan ke imam adalah sesuatu yang saya anggap sebagai salah satu fenomena yang benar-benar tidak masuk akal dalam beberapa dekade terakhir. Apakah salib mengganggu selama Misa? Apakah imam lebih penting daripada Tuhan kita?”

    Liturgi Ekaristi memberikan kesempatan baik bagi imam maupun umat untuk “berpaling kepada Tuhan”. Keduanya memandang dengan cinta kepada Yesus Kristus, yang kematian-Nya dihadirkan melalui kata-kata imam.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI