Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Tiga Uskup Membuka Sinode ke-III Keuskupan Agung Palembang

Tiga Uskup Menghadiri Pembukaan Sinode Keuskupan Agung Palembang. HIDUP

PALEMBANG, Pena Katolik – Tiga Uskup menghadiri pembukaan Sinode III Keuskupan Agung Palembang pada Selasa petang, 27 September 2022 di Gedung Xaverius Centrum Studiorum, Palembang, Sumater Selatan. Sinode III ini akan berlangsung hingga 29 September 2022. Sinode dihadiri lebih 300 orang, terdiri imam, biarawan-biarawati dan perwakilan umat dari seluruh wilayah Keuskupan Agung Palembang, meliputi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

Uskup Agung Palembang, Mgr. Yohanes Harun Yuwono memukul gong tanda dimulainya Sinode III. Sinode ini bertema “Berjalan Bersama: Semakin Beriman dan Berbuah Limpah”. Sementara itu, dari pemerintah Sumatera Selatan, diwakili Asisten I Bidang Kesra, Edward Chandra dan Ketua DPRD Prov Sumsel, R.A. Anita Noeringati

Dua uskup lain yang hadir dalam pembukaan ini adalah Uskup Agung Emeritus Palembang, Mgr. Aoysius Sudarso SCJ;  dan Uskup Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko OFM. Pastor Felix Astono SCJ selaku Vikjen Keuskupan Agung Palembang, Ketua Panitia Sinode III menjelaskan sinode yang dihadiri perwakilan-perwakilan umat. Bersinode, kata Pastor Astono, berarti umat bergerak bersama, berbicara bersama, merenung bersama untuk melangkah ke depan.

“Bagaimana dalam kebersamaan bisa bertumbuh bersama untuk semakin baik kedepan dalam hidup bergereja, bermasyarakat dan berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Proses sinode ini juga dihadiri Romo Stephanus Gitowiratmo imam Keuskupan Agung Semarang dan dosen emeritus bidang teologi dan pastoral di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini