Kardinal Arinze Menjelaskan Mengapa Uskup Belgia Tidak Dapat Memberkati Pasangan Sejenis

0
826
Mantan Prefek Kongregasi Ibadat Ilahi dan disiplin Sakramen Kardinal Francis Arinze. IST

ROMA, Pena Katolik – Menyusul pengenalan upacara pemberkatan bagi pasangan sesame jenis oleh para uskup Belgia, Mantan prefek Kongregasi Ibadat Ilahi dan Disiplin Sakramen, Kardinal Francis Arinze memberikan teguran dan penjelasan. Kardinal Arinze mengatakan para uskup Belgia telah mengambil pendekatan yang salah dan cacat secara pastoral.

“Manusia tidak memiliki kekuatan untuk mengubah tatanan yang ditetapkan oleh Tuhan Sang Pencipta,” kata Kardinal Arinze 24 September 2022.

Kardinal kelahiran Nigeria yang sekarang berusia 89 tahun itu menanggapi para uskup Katolik Belgia yang dinilai berseberangan dengan Vatikan dan ajaran Katolik. Pada 20 September 2022, para uskup Belgia mengumumkan pengenalan ritus upacara pemberkatan bagi pasangan sesama jenis di keuskupan mereka. Para uskup di keuskupan berbahasa Belanda itu juga menerbitkan liturgi untuk perayaan persatuan homoseksual untuk bagian-bagian negara bilingual yang berbahasa Flemish.

Kardinal Arinze mengkritik pernyataan para uskup ini. Ia mengutip judulnya “Menjadi dekat secara pastoral dengan orang-orang homoseksual: untuk Gereja yang ramah yang tidak mengecualikan siapa pun.” Kardinal Arinze mengatakan pendekatan mereka tidak pastoral dan mengabaikan ajaran Katolik. Ia menambahkan bahwa tradisi Gereja, sebagaimana diwakili dalam Katekismus Gereja Katolik, selalu menyatakan bahwa tindakan homoseksual secara intrinsik tidak teratur.

 “Orang-orang dengan kecenderungan homoseksual harus dihormati dan tidak didiskriminasi secara tidak adil, mereka, seperti setiap orang Kristen dan bahkan setiap manusia, dipanggil untuk kesucian,” kata Kardinal Arinze. Dia mengutip kata-kata Kristus dalam Matius 5:8: “Karena itu, kamu harus sempurna, sama seperti Bapamu yang di surga adalah sempurna.”

Dia juga mengutip Katekismus ajaran Gereja Katolik bahwa orang-orang homoseksual “dipanggil untuk kesucian”. Ia menilai, mereka (kaum homoseksual) dapat dan harus secara bertahap dan dengan tegas mendekati kesempurnaan Kristen. Kardinal Arinze juga merujuk pada pernyataan baru-baru ini dari Kongregasi untuk Doktrin Iman (CDF).

CDF menjawab pertanyaan itu pada 15 Maret 2021. Gereja tidak memiliki kekuatan untuk memberkati dalam bentuk dan tingkatan apapun hubungan sesama jenis. Pernyataan Vatikan itu dikeluarkan dengan persetujuan Paus Fransiskus.

Pernyataan CDF memperjelas bahwa berkat dapat diberikan kepada individu individu dengan kecenderungan homoseksual. Kardinal Arinze menyatakan keinginan untuk hidup dalam kesetiaan pada rencana Allah yang diwahyukan sebagaimana diusulkan oleh ajaran Gereja.

“(Gereja) mengingatkan bahwa Tuhan sendiri tidak pernah berhenti memberkati setiap anak peziarah-Nya di dunia ini, karena bagi-Nya ‘kita lebih penting bagi Tuhan daripada semua dosa yang dapat kita lakukan,’” kata jemaat.

“Tetapi dia (Gereja) tidak dan tidak dapat memberkati dosa: dia memberkati manusia yang berdosa, sehingga dia dapat mengenali bahwa dia adalah bagian dari rencana kasihnya dan membiarkan dirinya diubahkan olehnya. Dia sebenarnya ‘membawa kita apa adanya, tetapi tidak pernah meninggalkan kita apa adanya,” ujarnya.

Dalam sebuah pernyataan, para uskup Belgia akan menjelaskan keputusan mereka ini dalam kunjungan mereka ke Vatikan akhir tahun ini. Kesempatan ini adalah kunjungan ad limina para uskup itu, di mana kunjungan ini akan menjadi kunjungan resmi mereka kepada Paus.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here