Paus Memuji Imam Italia yang Membaptisnya

0
660
Pater Enrico Pozzoli in Argentina SDB saat berkarya di Argentina. VCatican News

VATIKAN, Pena Katolik Seorang imamSalesian Pater Enrico Pozzoli SDB lahir di Senna Lodigiana, di wilayah Lombardy utara Italia, dan menghabiskan hidupnya sebagai misionaris di Argentina. Imam kelahiran Italia itu membaptis Jorge Mario Bergoglio pada 25 September 1936, dan kemudian membantunya memahami panggilannya untuk bergabung dengan Serikat Yesus, juga membantu orang tua calon Paus menerima keputusannya untuk menjadi seorang imam.

Paus Fransiskus mengenang Pater Pozzoli pada hari Jumat saat audiensi dengan para peziarah dari Keuskupan Lodi, tempat imam itu dilahirkan.

“Dia adalah seorang Salesian sejati!” kata Paus dari imam yang membaptisnya itu.

Paus mengenang Pater Pozzoli sebagai orang yang bijaksana, baik, dan pekerja keras, seorang rasul pengakuan dosa. Imam itu tidak pernah bosan mendengarkan pengakuan dosa, penyayang yang berpengalaman dalam mendengarkan dan memberikan nasihat. Paus berterima kasih kepada salah satu peziarah yang hadir karena telah menulis biografi tentang Pater. Pozzoli, yang dipersembahkan secara resmi kepada Bapa Suci di antara hadirin.

Paus Fransiskus juga mengingatkan bahwa daerah di sekitar Lodi adalah tempat pertama di Belahan Barat yang ditetapkan sebagai “Zona Merah” pada awal pandemi Covid-19. Dia mengucapkan terima kasih yang tulus kepada dokter, perawat, sukarelawan, pendeta, dan walikota daerah atas kerja keras mereka selama pandemi.

“Hari ini, tanda yang Anda tawarkan adalah komunitas yang berusaha untuk memulai dari awal, sambil menghargai pengalaman masa lalu dan memberi nilai pada talenta yang muncul di saat-saat paling sulit dari pencobaan,” katanya.

Paus melanjutkan dengan berbicara tentang Sinode yang sedang berlangsung, yang baru-baru ini pindah ke fase baru, karena semua Konferensi Uskup dijadwalkan untuk menyerahkan sintesis nasional mereka ke Vatikan. Sinode, kata Paus Fransiskus, berupaya membantu umat Allah bertumbuh dalam identitas kita sebagai Gereja, dengan berjalan bersama dan mendengarkan suara Roh Kudus dalam berbagai karisma dan pelayanan. Dia menyesal ketika mendengar seseorang berkata bahwa mereka ingin melihat “Gereja yang lebih sinode dan kurang institusional.”

“Ini tidak benar. Perjalanan sinode bersifat institusional, karena itu adalah sifat dasar Gereja. Kami berada di sinode karena kami adalah sebuah institusi.”

Sebagai penutup, Paus Fransiskus mendorong para peziarah dari Lodi untuk kembali ke mata air Injil. Paus mengatakan, dunia berubah, tetapi Kristus dan Injil-Nya tidak. Masa depan Gereja terletak pada kembalinya esensi untuk pergi ke sumbernya.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here