29.7 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Empat Biarawati Katolik yang Diculik di Nigeria Telah Dibebaskan Tanpa Cedera

BERITA LAIN

More
    A woman is pictured in a file photo praying during Mass at Holy Rosary Catholic Church in Abuja, Nigeria. The body of a priest was discovered July 19, 2022, four days after he was abducted from a parish rectory in central Nigeria, an official with the Diocese of Kafanchan reported. (CNS photo/Afolabi Sotunde, Reuters)

    NIGERIA, Pena Katolik Empat biarawati yang diculik minggu lalu di Nigeria sudah dibebaskan tanpa cireda. Keempat biarawati itu diidentifikasi oleh Fides, layanan informasi dari Lembaga Misi Kepausan, sebagai Suster Johannes Nwodo, Christabel Echemazu, Liberata Mbamalu dan Benita Agu. Mereka adalah anggota Suster Yesus Sang Juru Selamat. Mereka ditangkap pada hari Minggu, 21 Agustus 2022, saat melakukan perjalanan ke Misa di sebuah negara bagian terdekat.

    Setelah dua hari, layanan Berita Vatikan melaporkan kepulangan mereka tanpa syarat dan aman, diumumkan oleh Suster Zita Ihedoro, sekretaris jenderal ordo tersebut. Ordo Suster Juru Selamat di Nigeria memiliki lebih dari 160 anggota, dengan rumah formasi di negara bagian River dan Abia.

    Suster Ihedoro mengatakan empat biarawati telah diculik saat bepergian dari negara bagian Rivers ke negara bagian Imo untuk Misa syukur. Dia telah meminta doa untuk mereka, dan ordo itu telah berdoa rosario berantai 24 jam untuk pembebasan para suster dengan selamat.

    Penculikan untuk mendapatkan uang tebusan telah menjadi hal biasa di Nigeria barat laut, tetapi mulai menyebar ke daerah lain di negara itu. Radio Publik Nasional yang berbasis di AS melaporkan bahwa pada Juni 2021 saja, sekitar 45 orang per hari diculik untuk mendapatkan uang tebusan di Nigeria.

    Pada bulan Mei, Uskup Agung Matthew Ndagoso dari Kaduna, wakil presiden konferensi para uskup, mengatakan pada sebuah forum online.

    “Bandit telah mengambil dimensi baru dalam tiga hingga empat tahun terakhir karena bandit sekarang menggunakan senjata canggih untuk menghancurkan desa dan properti mereka secara besar-besaran, menculik untuk mendapatkan uang tebusan pada siang dan malam hari.”

    Dia menyalahkan perbatasan negara yang keropos atas impor senjata yang semakin canggih yang memicu ketidakamanan yang semakin meningkat. Dia juga meminta pemerintah untuk mengontrol bagaimana senjata dan amunisi diimpor dan untuk mengadili mereka yang ditemukan memiliki senjata dan amunisi secara ilegal.

    Berita itu muncul sebulan setelah mayat seorang imam ditemukan pada 19 Juli, empat hari setelah dia diculik dari pastoran paroki di Nigeria tengah. Pastor John Cheitnum, adalah salah satu dari dua imam yang diculik oleh penyerang pada 15 Juli dari Gereja Kristus Raja di Lere, sebuah kota di negara bagian Kaduna, Pastor Emnanuel Okolo, kanselir keuskupan, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

    Imam kedua, Pastor Donatus Suleiman, berhasil melarikan diri dari para penculik dan selamat, kata keuskupan. Pastor Cheitnum dibunuh oleh para penculiknya pada hari yang sama ia diambil dari paroki, kata Pastor Okolo.

    Kanselir keuskupan menyerukan doa untuk Pastor Cheitnum dan keluarganya, dan meminta orang-orang untuk tidak mengambil tindakan hukum dalam membalas dendam terhadap para penculik jika mereka ditemukan.

    Presiden Nigeria Muhammadu Buhari mengutuk pembunuhan Pastor Cheitnum, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 20 Juli bahwa dia “sangat terganggu” oleh kematian yang disebabkan oleh “penjahat yang tampaknya bertekad menciptakan kekacauan dan kekacauan di negara itu”.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI