26.6 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Frater Seminari Pineleng Berbagi Makanan di Jalanan Manado

BERITA LAIN

More
    Seorang Frater Keuskupan Manado saat membagikan makanan di pinggir jalan di Kota Manado. (Komsos Keuskupan Manado)

    MANADO, Pena Katolik Komunitas Seminari Pineleng melaksanakan program dari keuskupan tentang misionaris jalanan. Digagas Keuskupan Manado, kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk pembagian konsumsi bagi masyarakat di jalanan Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu, 2 Oktober 2021.

    Adapun program ini dialamatkan kepada warga kota yang tergolong dalam kaum marginal, yaitu pedagang kaki lima, pemulung, tukang ojek, serta anak-anak menjadi sasaran karya amal kami pada akhir pekan kali ini. Mereka terbagi di beberapa tempat yang agak berjauhan sehingga memungkinkan mobilitas kami menguras waktu yang cukup panjang. Makanan yang dibagikan berasal dari beberapa donatur.

    Para frater menjemput berkat tersebut di rumah keluarga umat Katolik di sekitaran Tikala dan Malalayang lalu membagikannya. Kegiatan ini merupakan cara berpartisipasi dalam kesatuan dengan seluruh gereja universal dalam perjalanan bersama (sinode) menuju puncak Pertemuan Para Uskup tahun 2023.

    Kegiatan ini juga merupakan kegiatan Bulan Misi 2021. Pembukaan Bulan Misi dan sosialisasi Sinode Gereja Universal sudah dilakukan pada Selasa (28/9) secara daring. Uskup Keuskupan Manado Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengatakan, kegiatan sinode kali ini melibatkan seluruh umat di seluruh dunia, seperti dilansir dari manado.

    “Ada kegiatan tingkat keuskupan sebelum kegiatan Gereja universal,” ujar Mgr Rolly.

    Di Manado sendiri, akan ada pembukaan di Paroki Keroit pada 17 Oktober 2021 serentak dengan keuskupan lain di seluruh dunia. “Akan ada kesatuan gerakan untuk ini,” tambahnya.

    Tim pusat Vatikan sudah mengirim file ke keuskupan di seluruh dunia yang memandu bagaimana keuskupan harus mengisi gerakan ini. Bagi Mgr Rolly, rancangan itu cocok dengan rencana strategis Keuskupan Manado.

    “Sesudah sinode apa yang hidup dan apa yang perlu dilihat. Ini sinkron dan integral dengan keadaan lokal keuskupan,” pungkasnya.

    Ketua Komisi Liturgi Keuskupan Manado Pastor Stenly Pondaag MSC mengatakan, dalam 10 tema sinode ada tema merayakan. Ini berhubungan dengan seksi liturgi. Pastor Stenly mengatakan ada banyak cara berpartisipasi dalam kesatuan dengan seluruh gereja universal dalam perjalanan bersama (sinode) menuju puncak pertemuan para uskup 2023.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI