Misa Kudus di Stadion “Franso Hariri” Stadium di Erbil (Vatican Media)
Misa Kudus di Stadion “Franso Hariri” Stadium di Erbil (Vatican Media)

Paus Fransiskus mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pemimpin Gereja lokal di Erbil, kepada Mar Gewargis III, Patriark-Katolik Gereja Timur Asiria, Umat ​​Kristen dari berbagai denominasi, Uskup Agung Khaldea Mgr Bashar Matti Warda, dan semua uskup, pemerintah dan otoritas sipil, dan banyak sukarelawan atas sambutan dan bantuan mereka yang luar biasa.

Pada penutup Misa yang dirayakan di Stadion Franso Hariri di Erbil, Minggu 7 Maret 2021 malam, Paus dengan tulus menyapa, “orang-orang Kurdi yang terkasih,” dan memberi penghormatan kepada semua umat Kristen dari berbagai tradisi, banyak di antaranya menumpahkan darah mereka di sini. “Namun para martir kita bersinar bersama seperti bintang di langit yang sama!” kata Paus. Dan, lanjut Paus, “dari sana mereka memanggil kita untuk berjalan bersama, tanpa ragu-ragu, menuju persatuan yang utuh.”

Sementara banyak orang berbagi kesaksian tentang kesedihan dan kehilangan, Paus juga mencatat kisah-kisah “harapan dan penghiburan”, terutama berkat “jangkauan amal kasih yang tak kenal lelah” dari lembaga-lembaga keagamaan setiap agama yang membantu pembangunan kembali dan kelahiran kembali masyarakat. Paus ucapkan terima kasih khusus pada organisasi payung ROACO yang mewakili lembaga-lembaga bantuan Katolik.

“Irak akan selalu bersamaku, di hatiku,” kata Paus, dan dia mendorong semua orang untuk “bekerja bersama dalam persatuan untuk masa depan perdamaian dan kemakmuran yang tidak meninggalkan siapa pun dan tidak mendiskriminasi siapa pun.”

Paus meyakinkan mereka akan doanya dan menyerukan kepada semua orang berkehendak baik untuk “bekerja sama menjalin ikatan persaudaraan dan solidaritas dalam melayani kebaikan bersama dan perdamaian … Semoga Tuhan memberkati kalian semua! Semoga Tuhan memberkati Irak!”(PEN@ Katolik/paul c pati/Vatican News)

Artikel Terkait:

“Gereja di Irak hidup,” kata Paus Fransiskus dalam Misa di Erbil, Irak

Paus saat Liturgi Ilahi di Irak: dunia diubah oleh Sabda Bahagia bukan oleh kekuasaan

Paus bersama anak-anak Abraham di Irak berterima kasih telah diberi Abraham/

Paus tekankan persaudaraan dalam pertemuan dengan Ayatollah Agung Irak

Paus di Katedral Bagdad: Tuhan beri kita vaksin efektif untuk lawab virus keputusasaan

Paus desak otoritas Irak bangun kembali masyarakat di atas solidaritas persaudaraan

Paus terbang dengan pesawat kepausan untuk melakukan perjalanan apostolik ke Irak

Paus akan ke Irak sebagai peziarah perdamaian demi persaudaraan dan rekonsiliasi

3 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan