Paus Fransiskus dalam Doa Malaikat Tuhan di Lapangan Santo Petrus (Vatican Media)
Paus Fransiskus dalam Doa Malaikat Tuhan di Lapangan Santo Petrus (Vatican Media)

Paus Fransiskus, setelah berdoa Malaikat Tuhan di hari Minggu, 17 Februari 2019, meminta umat Katolik untuk berdoa untuk “Pertemuan tentang Perlindungan Anak di Bawah Umur” yang akan diadakan di Vatikan 21 sampai 24 Februari 2019.

Paus mengatakan bahwa semua ketua dari semua Konferensi Waligereja akan berada di sana dan Paus mengajak semua yang hadir di Lapangan Santo Petrus berdoa untuk pertemuan itu, yang menurut Paus, dia inginkan “sebagai aksi tanggung jawab pastoral yang kuat dalam menghadapi suatu tantangan mendesak zaman kita.”

Pertemuan Februari itu akan mencakup sesi pleno, kelompok kerja, saat-saat doa bersama, mendengarkan kesaksian, liturgi tobat, dan perayaan Ekaristi terakhir. Paus Fransiskus akan menghadiri seluruh durasi pertemuan itu, dan telah mempercayakan kepada Pastor Federico Lombardi SJ untuk menjadi moderator sesi pleno.

Menurut komunikasi sebelumnya dari Kantor Pers Tahta Suci, tujuan dari pertemuan puncak yang akan datang itu adalah “agar semua Uskup memahami dengan jelas apa yang perlu mereka lakukan untuk mencegah dan memberantas masalah pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur di seluruh dunia.

Paus Fransiskus tahu bahwa masalah global hanya bisa diselesaikan dengan tanggapan global. Paus ingin pertemuan itu menjadi pertemuan para pastor, bukan konferensi akademik – pertemuan yang ditandai dengan doa dan pencermatan, pertemuan kerja dan kateketik.”

Pertemuan itu akan mencakup liturgi tobat tanggal 23 Februari dan Misa penutupan tanggal 24 Februari.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait:

Tahta Suci: McCarrick diberhentikan dari jabatan klerus karena pelecehan seksual

Irlandia: Lilin Penebusan akan dinyalakan untuk mengenang para korban pelecehan

Kardinal Cupich: pertemuan puncak pelecehan seksual untuk galakkan perubahan budaya

Pertemuan Februari: Para uskup hendaknya bertemu dengan para korban pelecehan

Persatuan superior jenderal internasional tetap solider dengan semua korban pelecehan

Paus minta para uskup Perancis lanjutkan kebijakan toleransi nol terhadap pelecehan seksual

Kardinal O’Malley: Pemimpin Gereja harus dengarkan suara suara korban pelecehan

Paus Fransiskus bertemu orang-orang yang selamat dari pelecehan di Irlandia

Tinggalkan Pesan