Sabtu, September 28, 2024
27.3 C
Jakarta
spot_img

Seminar 100 Tahun SCJ di Indonesia: Merawat Jejak- Jejak Dehonian di Nusantara

PALEMBANG, Pena Katolik – Seminar yang mengusung tema Adveniat Regnum Tuum (Datanglah KerajaanMu) ini merupakan rangkaian dari perayaan syukur 100 tahun kehadiran Kongregasi Imam-imam Hati Kudus Yesus (SCJ) di Indonesia. Dilaksanakan pada Sabtu ( 21/9/2024) bertempat di Seminari Menengah Santo Paulus Jalan Bangau Palembang. Selain Pastor Titus Waris SCJ, hadir sebagai pembicara dalam seminar yang dipandu oleh Sr. M. Valensia FCh ini adalah Pastor Gregorius Jenli Imawan SCJ.

Pastor Titus,SCJ Rektor Seminari Menengah St. Paulus Palembang, dalam sambutannya secara khusus menjelaskan kontribusi kongregasi SCJ terhadap Gereja Katolik di Sumatera Selatan. Ada banyak orang dan aktor yang terlibat dalam penanaman dan penumbuhan benih keimanan, namun SCJ bukanlah aktor tunggal. Sejak berdirinya, SCJ telah melibatkan banyak orang percaya dalam kegiatan pelayanan gereja di Sumatera Selatan. Kongregasi SCJ yang didirikan oleh Pastor Leo Dehon, kongregasi ini ditugaskan oleh Tahta Suci Vatikan. Dan pada tanggal 27 Desember 1923 melayani di Tanjung Sakti, Perfektur Apostolic Bengkulu yang meliputi Sumatera Bagian Selatan. Misionaris pertama yaitu Pastor H.Johannes van Oort SCJ, Pastor Karolus van Stekelenburg SCJ, dan Pastor Felix van Langenberg SCJ tiba di Tanjung Sakti pada tanggal 24 September 1924 dan mulai berkarya di sana.

Menurut Pastor Titus SCJ, kontribusi tersebut terlihat dari kiprah kongregasi SCJ dalam perjalanan misionarisnya selama satu abad. Yaitu melalui merawat benih iman lewat pewartaan Injil; bekerja sama dengan beragam komunitas untuk menabur benih kolaborasi guna meningkatkan pendidikan dan kesehatan, penyiapan hierarki dari Prefektur Apostolik Bengkulu ke Vikariat Apostolik Palembang dan kemudian Keuskupan Palembang dan Keuskupan Tanjung Karang, mendirikan seminari dan mempertemukan para imam dari gereja-gereja lokal untuk melayani masyarakat serta mewarisi semangat misi.

Pastor Gregorius Jenli Imawan SCJ berbicara tentang Regnum Tuum Adveniat dari sudut pandang Dehonian. Beliau menyemangati kita untuk mengenali jejak SCJ di nusantara dan terus mengabdi di berbagai tempat dalam semangat misi dengan hati terbuka untuk menghadirkan dan menyebarkan Kerajaan Allah ke seluruh dunia. Selain itu, dalam semangat Adveniat Regnum Tuum, Pastor Jenri SCJ mengajak semakin banyak orang untuk bergabung dalam berbagai bidang pelayanan seperti karya atau pekerjaan sosial dan media komunikasi untuk mewartakan Kerajaan Allah.

RD.Titus Jatra Kelana kepada media ini mengungkapkan bahwa selain seminar, serangkaian perayaan seratus tahun SCJ dengan semboyan “Berjalan Bersama Gereja Lokal dengan Hati Terbuka” akan mencakup berbagai acara, yang berpuncak pada perayaan pentahbisan imam di Paroki St .Franciskus de Sales Jalan Sungai Buah Sekojo Palembang dan malam harinya perayaan Syukur di gedung Xaverius Centrum Studiorum (XCS) Jalan Bangau Palembang pada hari Rabu (25/9/2024).  ( andreasdaris)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini