Sabtu, September 21, 2024
31.2 C
Jakarta
spot_img

Seorang Imam Diculik di Nigeria, Beberapa Jam Sebelum Penyerangan di Gereja Owo

Christopher Itopa Onotu yang diculik pada 4 Juni 2022 lalu di Nigeria. IST

NIGERIA, Pena Katolik – Seorang imam Katolik telah diculik di Obangede, Negara Bagian Kogi, Nigeria. Pastor Christopher Itopa Onotu diduga diculik pada 4 Juni 2022, sehari sebelum pembantaian di Gereja Santo Fransiskus Xaverius di Owo, Negara Bagian Ondo, Nigeria, Minggu 5 Juni  2022. Hingga kini, masih belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas kedua peristiwa ini.

Pastor Christopher adalah pastor Paroki Our Lady of Perpetual Help Church. Pada hari penculikan, sebagian besar umat tidak menyadari kepergiannya sampai keesokan paginya, tidak melihatnya tiba untuk merayakan Misa Pentakosta.

Saksi mata telah melaporkan bahwa orang-orang bersenjata memasuki pastoran sekitar jam sembilan malam dan menculik pendeta dengan paksa. Menurut laporan, para penculik memaksa sebuah jendela dan pintu utama untuk memasuki pastoran. Seorang saksi menegaskan bahwa para penjahat pergi dengan mobil pendeta, dan meskipun mereka tidak mengambil dua ponselnya, mereka mengambil kartu SIM dari perangkat tersebut.

Sementara itu, pihak berwenang Nigeria telah merilis jumlah korban tewas resmi dari pemboman gereja Owo. Badan Penanggulangan Darurat Nasional melaporkan bahwa ada 22 orang tewas dan 50 luka-luka; sebelumnya pers telah melaporkan bahwa setidaknya ada 50 korban tewas. Di antaranya anak-anak dan remaja.

Untuk saat ini, pihak berwenang belum menyatakan siapa otak dibalik serangan ini. Namun, tampaknya serangan ini telah diorganisir dan dilakukan oleh kelompok bersenjata dan terlatih. Serangan itu didahului oleh setidaknya satu ledakan pertama di luar gereja, diikuti dengan tembakan yang mengenai umat saat mereka meninggalkan gedung ibadah pada akhir misa Pentakosta. Polisi melaporkan bahwa mereka telah menemukan beberapa barang rumah tangga yang tidak meledak dan sejumlah peluru AK-47 (Kalashnikov).

Serangan itu telah dikutuk oleh para uskup Nigeria, yang menyerukan kepada pemerintah untuk menjamin keselamatan semua orang Nigeria. Presiden Dewan Umat Katolik Nigeria, Sir Henry Yunkwap, telah memperingatkan bahwa kelambanan pemerintah dapat memiliki konsekuensi yang sangat serius bagi stabilitas negara, karena mendorong pembentukan formasi bela diri.

“Setiap pemerintah yang tidak dapat memberikan keamanan bagi rakyatnya secara tidak langsung mengatakan kepada mereka untuk membela diri dengan cara apa pun yang memungkinkan,” kata Yunkwap.

Yunkwap menyampaikan, umat Katolik sudah benar-benar lelah dengan kata-kata, ia ingin ada tindakan dan agar para pelaku kejahatan ini segera ditangkap dan diadili. Ia berharap para pembunuh akan menjawab di depan hukum atas tindakan kriminalnya.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini