29 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Ke Vatikan, Menteri Agama Yaqut Chilil Qoumas ingin Mengundang Paus Fransiskus Melihat Keberagaman Indonesia

BERITA LAIN

More
    Menteri Agama Menemui Paus Fransiskus di Vatikan. Kemenag

    VATIKAN, Pena Katolik – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu 8 Juni 2022. Ia menyampaikan undangan dari Presiden Joko Widodo, agar Paus datang ke Indonesia.

    Undangan kepada Paus Fransiskus untuk datang ke Indonesia sebenarnya sudah pernah disampaikan beberapa tahun lalu. Rencananya, Paus Fransiskus bahkan sudah akan datang pada September 2020. Namun, dikarenakan pandemi, undangan ini batal dipenuhi.

    “Saya ingin menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo kepada Yang Mulia untuk datang berkunjung ke Indonesia,” kata Yaqut.

    Lewat undangan ini, Yaqut berharap Paus Fransiskus dapat melihat indahnya keberagaman masyarakat Indonesia. Di mana masyarakat mampu menjaga toleransi dan perdamaian antar agama.

    “Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antarpemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kami ingin mengundang Yang Mulia untuk melihat keberagaman ini di Indonesia,” kata dia.

    Yaqut menyampaikan kerinduan umat Katolik kepada Paus Fransiskus untuk datang ke Indonesia dan menyampaikan salam dari para Uskup di Indonesia. Mereka berdoa untuk kesehatan Paus Fransiskus dan berharap dapat datang ke Indonesia.

    “Kami berdoa dan berharap kesehatan dan kemakmuran yang baik untuk Yang Mulia. Kami percaya dan menghargai persaudaraan sebagaimana Yang Mulia percaya untuk menciptakan dan memelihara perdamaian di Indonesia,” ujar mantan ketua umum GP Ansor ini.

    Pada saat bersama, Yaqut juga berharap dapat mengundang Grand Syeikh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb. Seperti diketahui, kedua tokoh ini terus mengupayakan perdamaian dunia. Salah satu buktinya adalah deklarasi Piagam Persaudaraan dan Perdamaian yang diikrarkan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2019 lalu.

    Sepanjang Sejarah sudah ada dua Paus yang berkunjung ke Indonesia. Paus Paulus VI berkunjung ke Indonesia pada 3-4 Desember 1970. Selanjutnya, Paus Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada Oktober 1989.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI