28.4 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

Kardinal Suharyo Sedih Mendapati “Trias Politica” Menjadi “Trias Koruptica”

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo saat konferensi pers di Gedung Karya Pastoral KAJ. IST

    JAKARTA, Pena Katolik – Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo sedih lantaran saat ini banyak pejabat negara yang ditangkap akibat korupsi. Hal ini disampaikan Kardinal Suharyo dalam konferensi pers pada Hari Natal 2023, di Gedung Karya Pastoral Keuskupan Agung Jakarta, 25 Desember 2023.

    Kardinal Suharyo menyoroti satu pernyataan dalam sebuah terbitan media yang memelesetkan kata Trias Politica itu jadi Trias Koruptica. Seharusnya, negara berperan penting dalam mencerdaskan bangsa. Kardinal Suharyo mengatakan, saat ini yang terjadi uang pajak masyarakat tidak jelas arahnya dibawa ke mana.

    “Lelucon, tapi lelucon yang menusuk hati, itulah realitas kita,” ujarnya.

    Kardinal Suharyo menilai bangsa Indonesia belum terlindungi sepenuhnya sesuai dengan amanat UUD 1945. Namun, saat ini masih banyak tindak pidana perdagangan orang (TPPO) hingga korupsi.

    “Rakyat kita sudah terlindungi belum? Banyak tindak pidana perdagangan orang,” ujarnya.

    Umat wajib untuk mengawasi pemimpin terpilih nanti sehingga pemerintahan dapat berjalan sesuai dengan harapan bangsa. Menurutnya, pemerintah atau siapapun yang terpilih warga negara wajib ikut mengawasi pemerintah supaya sejalan dengan cita-cita negara.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI