34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Kisah Wakil Kepausan Pertama di Tiongkok

BERITA LAIN

More
    Kardinal Carlo Tommaso Maillard de Tournon. Wikipedia

    BEJING, Pena Katolik – Pada tahun 1703, tepatnya 320 tahun yang lalu, Patriark Antiokia, Mgr. Carlo Tommaso Maillard de Tournon diutus langsung oleh Paus Klemens XI tiba di India. Ia menempuh perjalanan selama dua tahun yang kemudian membawanya ke Tiongkok, sebagai wakil kepausan pertama di Kekaisaran Tiongkok.

    Sebelum berangkat, ia membahas masalah ritus Malabar. Situasi ini memiliki kemiripan dengan peristiwa kontemporer, di mana Paus Fransiskus baru-baru ini mengutus seorang Uskup Agung Katolik Yunani sebagai utusan untuk menyelesaikan masalah Liturgi di India.

    Perjalanan Mgr. de Tournon ke Tiongkok, yang secara tragis berakhir dengan pemenjaraannya di Makau, dan meninggal dunia pada usia 41 tahun diceritakan dalam sebuah buku terbaru karya Rui Zhang, seorang sarjana muda Tiongkok. Zhang, yang mengajar sejarah di Shanghai dan telah tinggal di Italia selama beberapa tahun, berkolaborasi dengan Universitas Kepausan Urbaniana dalam menyiapkan buku ini.

    Buku tersebut berjudul Misi Wakil Kepausan Pertama Maillard de Tournon: Asal Usul Hubungan Tahta Suci dan Tiongkok (1622 – 1742). Buku ini diterbitkan oleh Universitas Kepausan Urbaniana.

    Misi Mgr. de Tournon ini dimulai ketika para Yesuit hadir di Tiongkok, mereka berkarya di lingkungan istana Beijing. Pada saat yang sama, para Fransiskan juga aktif dalam karya mereka dengan Uskup Beijing yang berasal dari ordo mereka. Namun, para misionaris sendiri terkadang tampak terjerat dalam jaringan isu-isu nasional dan nasionalis.

    Jesuit terpecah antara Perancis dan Portugis, sementara Fransiskan menganjurkan pendekatan alternatif dalam menyebarkan Injil. Sementara itu, berbagai negara, misalnya Perancis dan Portugal, berupaya menjalankan misi nasional yang berbeda. Pada saat itu, Portugal bahkan memperoleh padroado dari Tahta Suci.

    Di tengah kerumitan ini, Klemens XI memilih de Tournon yang muda namun lemah secara fisik sebagai wakilnya. Ia bahkan kemudian diangkat menjadi kardinal oleh Paus. Berasal dari latar belakang bangsawan, memiliki kecerdasan diplomatis, dan memancarkan sentuhan kemanusiaan yang menarik, Mgr. de Tournon dikirim ke Tiongkok sebagai utusan khusus Paus, setelah ia ditahbiskan menjadi uskup dengan gelar Patriark Antiokhia.

    Misi tersebut, yang dianggap dramatis oleh banyak orang karena akibat tragisnya, memiliki dimensi yang beragam. Buku yang ditulis Zhang ini merekonstruksi perasaan iri dan posisi yang diambil oleh organisasi-organisasi keagamaan yang aktif di Tiongkok dan, pada kenyataannya, kelompok-kelompok ini, dalam mempertahankan posisi mereka, secara tidak sengaja menghalangi misi Mgr. de Tournon yang penuh tantangan.

    Kadang-kadang, Mgr. de Tournon tampak mengabaikan permintaan, terutama ketika dia memilih untuk melakukan pemakaman anggota rombongannya dengan menggunakan jubah liturgi. Pilihan ini menyimpang dari tradisi Tiongkok dan bahkan melampaui kompromi yang dicapai oleh para imam misionaris mengenai ritual tersebut.

    Aspek lainnya berkaitan dengan hadiah yang ingin dikirimkan Kaisar Kangxi, yang dikenal karena kebijaksanaannya, kepada Paus. Sayangnya, hadiah-hadiah tersebut hilang di laut bersama dengan dua orang Yesuit yang dipercaya untuk mengirimkannya. Para Yesuit berangkat dengan kapal terpisah karena masalah paspor. Pengiriman hadiah telah ditunda dua kali karena rumor seputar misi utusan tersebut.

    Cerita dalam buku ini menyoroti tema penting dari kontak antara Takhta Suci dan Beijing. Kesalahpahaman budaya yang mendalam dan sudut pandang yang sangat berbeda mengenai, berbagai hal telah berlangsung selama berabad-abad, sehingga menimbulkan ketidakpahaman satu sama lain. Hal ini menggarisbawahi kesenjangan besar antara kedua dunia, yang melampaui jangkauan resolusi diplomatik.

    Penting untuk mengingat tantangan-tantangan yang dihadapi selama misi di Tiongkok, yang sejak abad ke-18. Tantangan-tantangan ini telah meyisakan tantangan bagi para Paus selanjutnya hingga kini.

    Zhang mengkonsolidasikan sumber-sumber utama, termasuk Acta Pekinensia oleh Jesuit Kilian Stumpf, di samping sejumlah manuskrip dan dokumen yang dikumpulkan oleh Gian Giacomo Fatinelli, agen dan perwakilan Mgr. de Tournon di Roma. Bahan-bahan ini disimpan di Perpustakaan Casanatense di biara Dominika Santa Maria sopra Minerva. Namun demikian, Zhang menjelaskan kecenderungannya terhadap sudut pandang Mgr. de Tournon, tokoh sentral dalam buku ini, yang mengalami dan bergulat dengan konflik di antara para misionaris secara langsung.

    Mr. de Tournon menghabiskan tiga tahun terakhirnya di penjara di Makau. Ia diusir dari Tiongkok, dan meninggal di sana pada tahun 1710 pada usia 41 tahun. Kematiannya ditandai dengan penghinaan yang mendalam, meskipun telah menerima biretta Kardinal pada August 1707 dari Paus sebagai pengakuan atas kesetiaannya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI