29.5 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Paus Fransiskus Menerbitkan Surat Apostolik tentang Blaise Pascal, Teolog dan Matematikawan

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan Blaise Pascal. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menerbitkan surat apostolik pada hari Senin, 19 Juni 2023. Ia memuji seorang ahli matematika dan filsuf abad ke-17 Blaise Pascal sebagai pencari kebenaran yang tak kenal lelah.

    Pascal (1623–1662) adalah seorang ilmuwan Prancis yang membantu meletakkan dasar bagi teori probabilitas modern. Ia menemukan salah satu bentuk kalkulator paling awal, dan mendefinisikan prinsip hidrolika yang kemudian dikenal dalam fisika sebagai hukum Pascal. Di tahun-tahun terakhir hidupnya, ahli matematika, fisikawan, dan filsuf Katolik ini mengabdikan dirinya pada apologetika Kristiani.

    “Sebagai seorang Kristiani, Pascal ingin berbicara tentang Yesus Kristus kepada mereka yang dengan tergesa-gesa menyimpulkan bahwa tidak ada alasan kuat untuk percaya pada kebenaran Kekristenan. Untuk bagiannya, dia tahu dari pengalaman bahwa isi wahyu ilahi tidak hanya tidak bertentangan dengan tuntutan akal, tetapi menawarkan tanggapan luar biasa yang tidak dapat dicapai oleh filsafat sendiri,” tulis Paus Fransiskus.

    Paus menerbitkan suratapostolik Sublimitas Et Miseria Hominis untuk memperingati 400 tahun kelahiran Pascal pada 1623. Dalam surat setebal delapan halaman itu, Paus menggambarkan Pascal sebagai “orang pada masanya” yang membuat pembelaan intelektual dan ahli dalam hal iman Kristiani.

    Sejak kecil, Pascal mengabdikan hidupnya untuk mengejar kebenaran. Dengan menggunakan nalar, dia mencari jejaknya di bidang matematika, geometri, fisika, dan filsafat, membuat penemuan-penemuan luar biasa dan menjadi sangat terkenal bahkan pada usia dini. Namun dia tidak puas dengan pencapaian itu. Dalam satu abad kemajuan besar di banyak bidang sains, disertai dengan semangat skeptisisme filosofis dan religius yang tumbuh, Pascal terbukti sebagai pencari kebenaran yang tak kenal lelah, kegelisahannya membawa pada cakrawala yang baru dan lebih besar.

    “Pikiran Pascal yang cemerlang dan penuh rasa ingin tahu tidak pernah berhenti memikirkan pertanyaan, kuno namun selalu baru, yang muncul di dalam hati manusia: ‘Apakah manusia sehingga Anda mengingatnya, anak manusia sehingga Anda memperhatikannya.” (Mzm 8:5)

    Surat itu diisi dengan kutipan-kutipan dari buku Pensées karya Pascal, karyanya yang paling terkenal tentang apologetika Kristiani yang diterbitkan setelah ia wafat. Paus menyoroti bagaimana Pascal tidak pernah menyerah melawan dengan argumennya bahwa ada manusia yang tidak hanya tidak mengenal Yesus Kristus, tetapi juga meremehkan-Nya.

    “’Jiwa yang tidak berkematian begitu penting bagi kita, sesuatu yang sangat menyentuh kita, sehingga kita perlu kehilangan semua perasaan untuk tidak peduli dengan mengetahui apa yang dipertaruhkan… Dan itulah sebabnya, di antara mereka yang tidak yakin tentang hal ini, saya akan membedakan dengan jelas antara mereka yang melakukan segala upaya untuk menyelidikinya, dan mereka yang menjalani hidup mereka tanpa mempedulikannya atau memikirkannya.’” Tulis Pascal dalam Penséesnya.

    Paus Fransiskus juga menyebutkan keterlibatan Pascal dalam perselisihan antara Jesuit dan Jansenist, di mana Pascal menulis serangkaian surat yang sangat kritis terhadap Jesuit yang dikenal sebagai “Surat Provinsi”. Kontroversi tersebut terutama berkaitan dengan pertanyaan tentang kasih karunia Allah dan hubungan antara kasih karunia dan kodrat manusia, khususnya kehendak bebas.

    Paus Yesuit mengajukan pembelaan terhadap Pascal, dengan mencatat bahwa Pascal ditugaskan oleh kaum Jansenis untuk membela mereka, mengingat keterampilan retorisnya yang luar biasa. Dia mengatakan bahwa Pascal sendiri mengakui bahwa beberapa proposisi yang dianggap ‘Jansenis’ memang bertentangan dengan iman.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI