26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Kardinal Zuppi Meninggalkan Kyiv dengan Janji untuk Melindungi Kehidupan Anak-anak

BERITA LAIN

More
    Kardinal Matteo Zuppi. CNA

    VATIKAN, Pena Katolik – Dmytro Lubynets meminta bantuan Gereja Katolik dalam merundingkan pemulangan sekitar 27.000 warga sipil yang dilaporkan ditawan oleh Rusia. Berita ini menyusul pertemuan Kardinal Matteo Zuppi pada bulan Mei tahun ini dengan komisaris parlemen Ukraina untuk hak asasi manusia, Dmytro Lubynets.

    Utusan khusus Paus untuk perdamaian di Ukraina berjanji bahwa “Gereja akan melakukan segala kemungkinan untuk melindungi kehidupan anak-anak” karena warga sipil terperangkap di tengah pertempuran intensif di selatan negara itu. Kardinal Zuppi, Uskup Agung Bologna, bertemu dengan komisioner parlementer Ukraina untuk hak asasi manusia, Dmytro Lubynets, pada 5 Juni 2023.

    Selama misi perdamaian dua hari ke Kyiv, yang dimaksudkan “untuk mendengarkan secara mendalam otoritas Ukraina. Kardinal Zuppi mendengar tentang kemungkinan cara untuk mencapai perdamaian yang adil dan untuk mendukung gerakan kemanusiaan yang akan membantu meredakan ketegangan.

    Lubynets meminta bantuan Gereja dalam merundingkan pemulangan sekitar 27.000 warga sipil yang katanya ditawan oleh Rusia. Laporan itu juga mencakup 371 anak Ukraina berhasil dikembalikan.

    “Mungkin dengan partisipasi Anda, kami dapat mengubah angka itu secara signifikan,” kata Lubynets kepada Zuppi.

    Kardinal Zuppi mengatakan bahwa tidak dapat diterima bahwa perang harus memengaruhi anak-anak. Ia mengutip kata-kata Paus Fransiskus: “Air matamu adalah air mataku, rasa sakitmu adalah rasa sakitku.”

    “Saya mengatakan bahwa anak-anak Anda adalah anak-anak kami. Saya dapat mengatakan ini karena banyak anak telah datang ke Italia. Sangat menyenangkan melihat keramahan orang Italia dalam menyambut anak-anak Ukraina ini,” ujar Kardinal Zuppi.

    Kunjungan Kardinal Zuppi juga mencakup kunjungan ke Bucha, kota di utara Kyiv tempat tentara Rusia membunuh ratusan warga sipil pada awal invasi mereka Maret lalu. Kardinal Zuppi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy keesokan harinya, ketika ribuan warga sipil dievakuasi dari rumah mereka di sekitar Sungai Dnipro menyusul runtuhnya bendungan di wilayah yang diduduki Rusia.

    Penghancuran bendungan pembangkit listrik tenaga air Khakovka, yang oleh orang Ukraina dan Rusia masing-masing disalahkan atas sabotase satu sama lain, membanjiri wilayah yang sangat luas di wilayah Kherson dan menyebabkan 700.000 orang tanpa air minum.

    Depaul International menggambarkannya sebagai “bencana kemanusiaan”, sebagaimana kepala eksekutif Depaul Ukraina, Pastor Vitaliy Novak, melaporkan bahwa tim amal Odesa telah “dibanjiri telepon dari orang-orang yang sangat membutuhkan akomodasi”.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI