29.2 C
Jakarta
Tuesday, May 7, 2024

Akash Bashir, Orang Kudus Pertama dari Pakistan

BERITA LAIN

More
    Akash Bashir. IST

    LAHORE, Pena Katolik — Tahun 2015, seorang pembom bunuh diri berusaha memasuki sebuah gereja Katolik di Pakistan, saat itu, seorang petugas keamanan sukarelawan berusia 20 tahun memblokirnya. Ia adalah Akash Bashir. Paus Fransiskus telah menyetujui dekrit pengakatan Bashir sebagai Venerabilis.

    “Saya akan mati tetapi saya tidak akan membiarkan Anda masuk,” katanya kepada teroris yang bersenjatakan bahan peledak. Penyerang kemudian meledakkan bom, segera membunuh dirinya sendiri dan Bashir.

    Tindakan Bashir ini menyelamatkan lebih dari 1.000 umat Katolik di dalam gereja. Bashir meninggal pada 15 Maret 2015, ketika pelaku bom bunuh diri menyerang Gereja Katolik St. John di Lahore.

    Kelompok teroris Tehreek-e-Taliban Pakistan Jamaatul Ahrar (TTP-JA) kemudian mengklaim serangan yang menewaskan 17 orang dan melukai lebih dari 70, Vatikan News melaporkan. Jumlah itu mungkin lebih besar jika Bashir tidak menjaga Gereja Katolik St. John.

    Hampir tujuh tahun kemudian, pada 31 Januari, Uskup Agung Sebastian Shaw dari Lahore mengumumkan bahwa Vatikan menerima Akash Bashir sebagai Hamba Tuhan, gelar yang diberikan kepada seorang calon santo sementara kehidupan dan pekerjaannya diperiksa dengan cermat.

    Pastor Francis Gulzar, vikaris jenderal keuskupan agung Lahore, menanggapi dengan menyebutnya sebagai “hari besar bagi Gereja Katolik di Pakistan”.

    “Dia mempersembahkan hidupnya sebagai korban untuk menyelamatkan nyawa komunitas Kristen di Gereja Katolik St. John,” kata vikaris jenderal. “Dia adalah orang Kristen Pakistan pertama yang diangkat ke peringkat Umat Suci Tuhan.”

    Ayah Akash Bashir, Bashir Emmanuel, mengaku awalnya tidak mengetahui kabar tentang putranya tersebut.

    “Salah satu putra saya menceritakan bahwa ada Misa khusus di gereja,” katanya, UCA News melaporkan. “Ini adalah kehormatan yang sangat besar bagi kami. Akash melambangkan kekuatan iman Kristen di negara kita. Saya berdoa untuk izin dari semua langkah menuju kesucian.”

    Kongregasi Penggelaran Orang-Orang Suci memberi wewenang kepada keuskupan agung Lahore untuk membuka penyebab kemartiran Akash Bashir November lalu. Ibu Bashir, Naz Bano, sebelumnya memberi tahu Aid to the Church in Need bahwa putranya pertama kali bergabung dengan penjaga keamanan sukarela di gereja mereka pada November 2014.

    “Semua denominasi merekrut pemuda setelah serangan bom bunuh diri 2013 di Gereja All Saints di Kota Peshawar,” katanya. “Akash biasa mendiskusikannya dengan teman-temannya dan terus bersikeras selama tiga bulan bahwa dia ingin menjaga gereja. Dia siap mengorbankan hidupnya jika Tuhan memberinya kesempatan untuk melindungi orang lain.”

    Dia ingat mendengar ledakan pada hari kematiannya. “Jalanan dipenuhi orang,” kenangnya. “Mendengar ledakan kedua, saya bergegas bersama putra bungsu saya menuju gereja Katolik.” Akhirnya, dia menemukan siapa yang dia cari: putranya. “Saya sedang mencari Akash di antara anak laki-laki yang berdiri di dekat gerbang gereja,” katanya. “Tapi dia berbaring di tanah. Tangan kanannya hampir putus. Saya tidak percaya akan apa yang saya lihat.”

    Saat ini, katanya, salah satu putranya, Arsalan, sekarang menjaga gereja “untuk menggantikan saudaranya.”

    “Kami tidak menghentikannya. Kami tidak dapat mencegah putra kami melayani Gereja. Itu adalah pilihan mereka.”

    Venerabilis adalah tahap awal dari seseorang untuk diakui menjadi Orang Kudus dalam Gereja Katolik. Tahap ini akan disusul dengan proses beatifikasi. Dibutuhkan waktu hingga beberapa tahun untuk melalui tahap ini bergantung proses penyidikan yang dilakukan Kongregasi Penggelaran Kudus. Salah satu syarat peyelidikan ini adalah pemeriksaan atas mukjizat yang terjadi yang terkait.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI