26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Uskup Hong Kong Memulai Perjalanan Pertama Ke Tiongkok Daratan

BERITA LAIN

More
    Uskup Agung Hong Kong Mgr Stephen Chow Sau-yan. IST

    BEJING, Pena Katolik –  Uskup Hong Kong, Mgr Stephen Chow Sau-yan memulai kunjungan pertamanya ke Tiongkok  daratan di tengah pelanggaran kesepakatan Vatikan-Tiongko katas penunjukan uskup. Mgr Chow memulai perjalanan lima hari dengan mengunjungi Keuskupan Agung Beijing di ibu kota Tiongkok  pada 17 April, lapor kantor berita Fides.

    Imam Yesuit itu memimpin delegasi dari Hong Kong yang terdiri dari Uskup pembantu Mgr. Joseph Ha Chi-shing dan Vikjen Keuskupan Hong Kong, Pastor Peter Choy Wai-man. Di Beijing, Mgr. Chow menghadiri acara doa untuk beatifikasi Matteo Ricci, seorang misionaris Yesuit Italia (1552-1610) yang merupakan salah satu tokoh pendiri misi Katolik di Tiongkok .

    Pada 17 Desember tahun lalu, Paus Fransiskus menyatakan Ricci sebagai ‘terhormat’ – tahap kedua dari proses tiga langkah kesucian di Gereja Katolik setelah mengesahkan dekrit kebajikan heroiknya.

    Selama kunjungan atas undangan Uskup Agung Bejing, Mgr. Joseph Li Shan, Mgr. Chow dan delegasi Keuskupan Hong Kong diharapkan untuk bertemu dengan Li, para uskup lokal lainnya, serta para religius dan klerus untuk mendorong pertukaran dan interaksi antara umat Katolik di Hong Kong dan Tiongkok  daratan.

    Saat mengumumkan kunjungan pada 9 Maret 2023, Mgr. Chow mengatakan kunjungannya akan menggarisbawahi misi Keuskupan Hong Kong untuk menjadi jembatan Gereja dan mempromosikan pertukaran dan interaksi antara kedua belah pihak. Delegasi dijadwalkan mengunjungi Seminari Tinggi Beijing, seminari nasional Gereja Katolik di Tiongkok dan lembaga terkait lainnya yang berkaitan dengan urusan keagamaan. Mgr. Chow juga akan berpartisipasi dalam doa malam dan merayakan Misa syukur di Katedral Maria Dikandung Tanpa Noda Beijing. Delegasi Hong Kong juga akan mengunjungi makam Matteo Ricci.

    Sebelum acara doa untuk Ricci pada 17 April, Gereja Katolik di Beijing mengadakan pameran gambar-gambar yang mendokumentasikan kehidupan dan karya misionaris tersebut. Ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan untuk mempromosikan semangat misionaris dan karya Matteo Ricci.

    Dinamika Vatikan-Tiongkok

    Kunjungan Chow ke Beijing terjadi sekitar dua minggu setelah Vatikan menuduh rezim Tiongkok melanggar perjanjian Vatikan-Tiongkok dengan melantik Mgr. Joseph Shen Bin dari Haimen sebagai Uskup Shanghai tanpa persetujuan Vatikan.

    Mgr. Bin diyakini memiliki hubungan dekat dengan Partai Komunis China. Ia terpilih sebagai ketua konferensi para uskup yang dikelola negara selama Kongres Nasional ke-10 tentang Katolik di Tiongkok pada Agustus 2022. Badan-badan Gereja Katolik yang dikelola negara Tiongkok — Asosiasi Patriotik Katolik Tiongkok dan Konferensi Wali Gereja Katolik di Tiongkok — tidak diakui oleh Vatikan.

    Mgr. Li termasuk di antara para pemimpin Katolik senior yang menghadiri upacara pelantikan Mgr. Bin di Shanghai pada 4 April 2023. Tiongkok memutuskan hubungan formal dengan Vatikan pada 1950-an setelah pengambilalihan oleh komunis. Sejak saat itu, penunjukan uskup menjadi isu pelik.

    Pada tahun 2018, Vatikan menandatangani kesepakatan dengan Tiongkok selama dua tahun yang kabarnya mengizinkan pengangkatan uskup dengan persetujuan dari Tiongkok dan Vatikan. Kesepakatan itu diperbarui pada 2020 dan 2022, masing-masing selama dua tahun. Vatikan mengatakanm itu bertujuan untuk menyatukan jutaan umat Katolik di Tiongkok yang terbagi antara Gereja yang dikelola negara dan yang disetujui Vatikan.

    Para pemimpin Katolik Tiongkok yang menentang kesepakatan itu menyebutnya sebagai “pengkhianatan” umat Katolik bawah tanah yang tetap setia kepada Vatikan meskipun ada pembersihan negara. Namun, pada bulan November, hanya sebulan setelah pembaruan terbaru, Vatikan mengeluarkan pernyataan penyesalan publik, yang pada dasarnya menuduh pemerintah Tiongkok melanggar perjanjian ketika Mgr. John Peng Weizhao dari Yujiang dilantik sebagai Uskup Pembantu Jiangxi. Keuskupan ini tidak diakui oleh Takhta Suci.

    Sejak penandatanganan kesepakatan, enam uskup telah ditahbiskan dengan persetujuan kedua belah pihak. Vatikan telah mengakui beberapa uskup yang ditahbiskan “secara tidak sah” sebelumnya tanpa mandat kepausan. Laporan media mengatakan sekitar 40 keuskupan di Tiongkok tetap tanpa uskup.

    Vatikan dilaporkan mengabaikan Uskup Pembantu Hong Kong, Mgr. Joseph Ha Chi-shing untuk jabatan itu setelah dia memberikan dukungan kepada gerakan pro-demokrasi di kota itu yang dimulai pada 2019.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI