Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Sebuah Dokumen Mengungkap Tindakan FBI Memata-matai Umat Katolik Amerika

NEW YORK, Pena Katolik –  Gereja Katolik di Amerika Serikat dimata-matai oleh agen Pemerintah Amerika Serikat yang menyamar. Informasi ini terungkap dalam sebuah dokumentasi yang bocor.

Setidaknya satu operasi rahasia dari Biro Investigasi Federal (FBI) ditugaskan untuk secara diam-diam mengumpulkan bukti yang mungkin menghubungkan umat Katolik dengan “gerakan nasionalis sayap kanan”. FBI secara khusus berfokus pada umat Katolik yang tertarik dengan Misa Latin Tradisional, sebagai kelompok di dalam Gereja yang diduga paling bersimpati pada aktivitas ekstremis kekerasan.

Dokumen itu juga menunjukkan, bahwa FBI berencana untuk tidak hanya menyusup ke organisasi tradisionalis yang tidak teratur seperti Perhimpunan St Pius X, tetapi juga Gereja arus utama. Agen juga berencana untuk terlibat dalam penjangkauan ke “paroki Katolik arus utama” dan “kepemimpinan keuskupan”.

Dokumen setebal 18 halaman itu setidaknya mengungkap satu agen dikirim untuk memata-matai umat Katolik yang sedang beribadah di gereja dan kapel di daerah Richmond di Virginia. Pengungkapan itu dibuat oleh Jim Jordan dari Ohio yang mengepalai Subkomite DPR AS tentang Persenjataan Pemerintah Federal.

Menanggapi ini, FBI merilis sebuah dokumen yang disensor, yang mengungkapkan informasi terbatas tentang operasi spionase badan tersebut terhadap umat Katolik. Komite meminta pengungkapan menyusul bocornya memo internal 23 Januari dari divisi FBI Richmond, yang meminta operasi itu terhadap komunitas Katolik tradisionalis, seperti diberitakan Catholic News Agency.

Memo itu, yang disebut “Kepentingan Ekstremis Kekerasan yang Dimotivasi Ras atau Etnis dalam Ideologi Katolik Radikal-Tradisionalis Hampir Pasti Menyajikan Peluang Mitigasi Baru,” mendorong Jordan untuk memanggil FBI, untuk meminta dokumentasi lengkap, bersama dengan rincian lain dari kegiatan itu ke dalam kelompok agama.

“Kami sekarang tahu FBI mengandalkan setidaknya satu agen rahasia untuk menghasilkan analisisnya,” kata Jordan dalam surat kepada Direktur FBI, Christopher Wray, ketika dia mengajukan permintaan untuk pengungkapan penuh. Jordan mengatakan dokumen itu ditinjau dan disetujui oleh dua analis intelijen senior dan Kepala Divisi lokal di FBI.

Dalam kesaksiannya kepada Komite Intelijen Senat, Wray mengatakan memo yang bocor dari divisi FBI Richmond tidak mencerminkan standar ketat FBI dan mengatakan dia “terkejut” ketika mengetahuinya.

“Kami tidak melakukan investigasi berdasarkan afiliasi atau praktik keagamaan, titik,” kata Wray.

“Kami sekarang juga telah memerintahkan divisi inspeksi kami untuk melihat bagaimana ini terjadi dan mencoba mencari tahu bagaimana kami dapat memastikan hal seperti ini tidak terjadi lagi,” tambahnya.

Jordan mengatakan bahwa operasi mata-mata FBI terhadap Gereja Katolik sangat “mengejutkan”. Dokumen yang dihasilkan sampai saat ini menunjukkan bagaimana FBI berusaha mendaftarkan rumah ibadah Katolik sebagai sumber potensial untuk memantau dan melaporkan umat mereka.

“Orang Amerika menghadiri gereja untuk beribadah dan berkumpul untuk perbaikan spiritual dan pribadi mereka. Mereka harus bebas menggunakan hak dasar Amandemen Pertama mereka tanpa khawatir FBI mungkin telah menanam ‘tripwire’ atau informan lain di rumah ibadah mereka.”

Jordan mengatakan, komite tetap belum mendapat kejelasan tentang berapa banyak karyawan FBI yang mengeksplorasi rumah ibadah Katolik di seluruh negeri sebagai hasil dari dokumen Richmond FBI. Pernyataan FBI yang diberikan kepada Catholic News Agency mengatakan bahwa agensi tersebut mengakui pentingnya pengawasan kongres dan tetap berkomitmen penuh untuk bekerja sama dengan permintaan pengawasan Kongres yang konsisten dengan tanggung jawab konstitusional dan undang-undang.

Pada bulan Februari, Gubernur Virginia, Glenn Youngkin menuntut transparansi penuh dari FBI tentang operasi mata-matanya terhadap umat Katolik. Sementara Jaksa Agung Virginia, Jason Miyares menandatangani surat bersama 19 jaksa agung negara bagian lainnya, meminta FBI memberikan semua dokumen terkait memo tersebut.

Uskup Richmond, Mgr. Barry Knestout mengkritik FBI karena memata-matai umat Katolik. Ia berkata, orang-orang dari semua kelompok agama telah lama menemukan perlindungan dalam perlindungan konstitusional negara.

“Kita semua berusaha untuk berbagi anugerah kehidupan dari Tuhan, menikmati buah kebebasan yang ditawarkan bangsa kita, dan saling membantu dalam memastikan kebaikan bersama.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini