34 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Pengucapan Kaul Kekal dan Janji Sementara Dominikan Awam Surabaya

BERITA LAIN

More
    Anggota PDAI Chapter Surabaya berkumpul saat pengikraran kaul di Gereja Redemptor Mundi Surabaya Jawa Timur. PDAI Surabaya

    SURABAYA, Pena Katolik – Peringatan wajib Santo Thomas Aquinas setiap tanggal 28 Januari terasa spesial bagi Persaudaraan Dominikan Awam (DA) Surabaya yang memilih nama tersebut sebagai pelindung. Setiap tahun dilakukan pengucapan Janji Kekal maupun Janji Sementara dari Anggota DA.

    Jenjang dalam DA adalah Inisiasi, Profes 1, Profes 2, Profes 3, dan Kaul Kekal. Momen yang berbahagia tersebut dibawakan dalam Misa Syukur di Gereja Redemptor Mundi Dukuh Kupang Surabaya dengan Selebran Utama adalah RP Joseto Bernadas Junior OP selaku Pendamping Spiritual perwakilan dari Master Jenderal Ordo Dominikan untuk melakukan pemberkatan kenaikan jenjang.

    Sebanyak 24 orang yang mengucapkan Kaul kekal, setelah tahun-tahun sebelumnya mereka telah menjalani Profes 3, Profes 2, Profes 1 dan Inisiasi. Selain itu 22 orang Profes 3, 24 orang Profes

    2, 21 orang Profes 1, serta 10 Inisiasi orang mengucapkan Janji Sementara karena telah naik jenjang. Brother Victor dari Kaul Kekal merasa bersyukur bahwa karya Tuhan begitu besar dan akan terus menjalankan Anggaran Dasar Ordo Dominikan seumur hidup.

    Sedangkan Brother Hari Soeseno seorang Dominikan Awam dari Madiun yang kini memasuki Jenjang Profes 1 juga mengungkapkan kebahagiannya bisa menjadi bagian dari DA dan akan terus berupaya berkarya bagi gereja seturut teladan Santo Dominikus.

    RP Joseto dalam homilinya menekankan bahwa Anggota DA agar senantiasa meneladani hidup Santo Dominikus khususnya 4 Pilar (Doa & Liturgi, Studi, Komunitas, dan Pewartaan). Lebih lanjut RP Joseto juga menegaskan bahwa hidup panggilan sebagai Dominikan (baik sebagai Romo, Bruder, Frater, Suster maupun Awam) penuh dinamika dan bisa saja mengalami kejatuhan. Ketika jatuh maka yang terpenting bahwa kita bangkit dan berdiri lagi.

    Acara meriah yang ditandai dengan pemberian Skapulir Putih khas Ordo Dominikan, juga diikuti oleh RP Adrian Adirejo OP dan RP Rambang Ngawan OP, selaku Konselebran. (Rido Sonny)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI