Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus: Terlalu banyak orang yang masih terjebak dalam perbudakan

Paus Fransiskus menerima anggota Solidaritas Trinitas Internasional di Vatikan. Vatican Media

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus menerima peserta konferensi “Solidaritas Trinitas Internasional” di Vatikan. “Kharisma Anda adalah aktualitas yang mencolok, sayangnya!” Paus Fransiskus mengatakan hal ini kepada anggota “Solidaritas Internasional Tritunggal” yang berkumpul di Vatikan pada hari Senin, 25 April 202. Dia mengatakan, manusia terbuai dengan mengatakan telah menghapus perbudakan, dalam kenyataannya ada terlalu banyak pria dan wanita, bahkan anak-anak, hidup dalam kondisi yang tidak manusiawi, diperbudak”.

Solidaritas Internasional Trinitarian adalah Ordo yang berkomitmen untuk mewujudkan karisma Trinitas di bidang pembebasan tertentu atas nama mereka, yang karena iman Kristen mereka, direduksi menjadi perbudakan, penindasan, pengucilan, atau penganiayaan.

Para anggotanya, di Roma untuk sebuah konferensi, beroperasi di seluruh dunia bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang berpikiran sama dan Institut dan Awam Keluarga Trinitarian, mempromosikan solidaritas dengan mereka yang dianiaya atau diperbudak, mendukung dialog dan toleransi.

Paus Fransiskus berterima kasih kepada mereka yang hadir atas karya dan kharisma mereka yang membela kebebasan beragama bukan secara teoretis, tetapi dengan merawat orang-orang yang dianiaya dan dipenjarakan karena iman mereka, dan pada saat yang sama, memberikan ruang untuk studi dan refleksi, sebagai disaksikan oleh program studi, yang dijalankan oleh Ordo di Universitas Angelicum, tentang kebebasan beragama.

Paus mengingat kesaksian pendiri Ordo, St. John de Matha, yang dipanggil oleh Kristus untuk memberikan hidupnya demi pembebasan budak, baik Kristen maupun Muslim. Dia tidak ingin melakukan ini sendirian, secara individu, tetapi untuk tujuan ini mendirikan Orde baru, ‘ordo keluar’, baru juga dalam bentuk hidupnya, yang akan menjadi ‘kerasulan di dunia’.”

Paus Fransiskus merenungkan bagaimana karisma Ordo berasal dari pesan khotbah pertama Yesus di sinagoga Nazaret, di mana Dia menyatakan bahwa Roh Tuhan ada di atas-Nya “mewartakan pembebasan kepada tawanan […] membebaskan mereka yang tertindas.” (Luk 4:18; lih. Yes 61:1-2).

Pekerjaan ini, kata Paus, diperpanjang dalam misi seluruh Ch. Tetapi dalam Ordo Anda itu telah menemukan ekspresi tunggal, aneh, saya akan mengatakan ‘harfiah’ – sedikit seperti kemiskinan di Francis – yaitu, komitmen untuk tebusan dari budak.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini