27.3 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Paus Kepada Patriark Kirill: Semoga Kita Menjadi Pembawa Damai untuk Ukraina

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan Patriark Kirill. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengirimkan salam Paskahnya kepada Patriark Ortodoks Rusia Kirill, dan berdoa bagi orang-orang Ukraina yang merindukan “fajar baru yang akan mengakhiri kegelapan perang.”

    “Kakak tersayang! Semoga Roh Kudus mengubah hati kita dan menjadikan kita pembawa damai sejati, terutama bagi Ukraina yang dilanda perang, sehingga perjalanan Paskah yang agung dari kematian menuju kehidupan baru dalam Kristus dapat menjadi kenyataan bagi orang-orang Ukraina, yang merindukan fajar baru yang akan mengakhiri kegelapan perang.”

    Paus Fransiskus menuliskan kata-kata itu kepada kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, ketika umat Kristen yang mengikuti kalender Julian merayakan Paskah pada hari Minggu. Surat singkat ucapan selamat Paskah dari Paus juga dikirimkan kepada para Patriark Gereja Timur lainnya, dan diterbitkan di situs web Patriarkat Moskow.

    Paus Fransiskus menunjukkan bahwa umat manusia saat ini merasakan “beban penuh dari penderitaan keluarga manusia kita, dihancurkan oleh kekerasan, perang, dan begitu banyak ketidakadilan.” Terlepas dari penderitaan ini, dia menulis, “kita masih memandang dengan hati yang penuh syukur kepada Tuhan yang telah mengambil ke atas diri-Nya semua kejahatan dan rasa sakit dunia kita.”

    “Kematian Kristus adalah awal dari kehidupan baru dan kebebasan dari ikatan dosa dan kesempatan untuk sukacita Paskah kita, membuka semua jalan dari bayang-bayang kegelapan ke terang kerajaan Allah.”

    Paus juga mengundang para Patriark Timur untuk saling mendoakan dan “memberikan kesaksian yang dapat dipercaya tentang pesan Injil Kristus yang Bangkit dan Gereja sebagai sakramen keselamatan universal.” Dengan cara ini, katanya, “semua orang dapat masuk ke dalam kerajaan keadilan, damai sejahtera, dan sukacita dalam Roh Kudus.”

    Pertemuan Terakhir

    Paus terakhir berbicara langsung dengan Patriark Kirill pada 16 Maret dalam panggilan video yang berfokus pada perang di Ukraina dan peran orang Kristen untuk mempromosikan perdamaian. Menurut Direktur Kantor Pers Tahta Suci, Matteo Bruni, Paus Fransiskus mendesak Patriark Ortodoks Rusia untuk membantu “padamkan api” perang di Ukraina, karena mereka yang “membayar harga tertinggi” adalah tentara dan warga sipil yang tewas. di bawah bom.

    “Gereja tidak boleh menggunakan bahasa politik, tetapi bahasa Yesus,” kata Paus pada kesempatan itu.

    Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Argentina La Nacion Jumat lalu, Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa dia telah dijadwalkan untuk bertemu dengan Patriark Kirill di Yerusalem pada bulan Juni, tetapi menambahkan bahwa pertemuan itu harus dibatalkan.

    “Saya menyesal bahwa Vatikan harus membatalkan pertemuan kedua dengan Patriark Kirill, yang telah kami jadwalkan pada bulan Juni di Yerusalem,” katanya. “Tetapi diplomasi kami menyatakan bahwa pertemuan di antara kami saat ini dapat menyebabkan banyak kebingungan. “

    Paus dan Patriark bertemu langsung di Havana, Kuba, pada 2016 dan menandatangani pernyataan bersama.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI