27.1 C
Jakarta
Saturday, April 27, 2024

Pada Kamis Putih, Paus Fransiskus Membasuh Kaki Para Narapidana di Sebuah Penjara di Roma

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus membasuh dan mencium kaki para narapidana pada Kamis Putih 2022. Vatican News.

    ROMA, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengunjungi sebuah penjara di Roma, Italia untuk Misa Kamis Putih, pada 15 April 2022. Ia membasuh dan mencium kaki 12 narapidana untuk memperingati sikap kerendahan hati Yesus terhadap para rasulnya pada malam sebelum dia meninggal. Pembasuhan kaki ini adalah bagian dari Misa yang dipimpin Bapa Suci.

    Setelah pemilihannya pada tahun 2013, Paus Fransiskus melanjutkan tradisi yang ia jalankan saat ia masih menjadi Uskup Agung Buenos Aires. Saat itu, ia mengunjungi dan merayakan Misa Kamis Putih di penjara atau panti jompo. Tahun ini, Paus Fransiskus melakukannya di sebuah penjara di dekat Kota Pelabuhan Civitavecchia, barat laut Roma di pantai Mediterania.

    Sebuah video yang dirilis oleh Vatikan menunjukkan paus mencuci dan mencium kaki 12 narapidana pria dan wanita dari berbagai usia, termasuk seorang wanita yang tampaknya sudah lanjut usia.

    “Kami para imam harus menjadi yang pertama melayani orang lain, bukan mengeksploitasi orang lain,” katanya kepada para tahanan dalam homili singkat yang diimprovisasi selama Misa di kapel penjara.

    “Ini adalah cara untuk mengatakan ‘Saya tidak menghakimi siapa pun. Saya berusaha melayani semua orang,’” katanya. Dia mengatakan kepada mereka bahwa Tuhan akan menghakimi mereka tetapi juga akan siap untuk mengampuni mereka.

    Dalam dua tahun terakhir, versi layanan yang diperkecil diadakan di dalam Vatikan karena pembatasan COVID-19. Kunjungan penjara, yang tertutup untuk umum dan tertutup untuk umum, adalah yang kedua dari dua kebaktian pada hari Kamis, awal dari tiga hari kegiatan yang intens menjelang Paskah.

    Jumat Agung

    Pada Jumat Agung, hari orang Kristen memperingati kematian Yesus dengan penyaliban, paus memimpin dua kebaktian, termasuk prosesi lilin “Via Crucis” (Jalan Salib) di sekitar Colosseum Roma. Tahun ini, keputusan Vatikan untuk melibatkan warga Ukraina dan Rusia dalam prosesi tersebut telah menyebabkan gesekan dengan para pemimpin Katolik Ukraina, yang ingin agar prosesi itu dipertimbangkan kembali.

    Pada Sabtu malam, paus berusia 85 tahun itu akan mengadakan Misa Malam Paskah di Basilika Santo Petrus. Pada hari Minggu Paskah, hari terpenting dalam kalender liturgi Kristen, dia mengucapkan Misa di Lapangan Santo Petrus dan kemudian menyampaikan pesan dan berkat “Urbi et Orbi” (ke kota dan dunia) dua kali setahun.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI