Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Umat Katolik Estonia Kembali Mendorong Proses Beatifikasi Uskup Agung Profittlich

Mgr Eduard Profittlich SJ. Vatican News

ESTONIA, Pena Katolik-Administrasi Apostolik Estonia mengadakan webinar untuk menyoroti proses beatifikasi yang sedang berlangsung bagi mantan uskup agungnya yang menjadi martir, Mgr. Eduard Profittlich SJ.

Harapan tinggi di antara umat Katolik Estonia ketika Gereja lokal melanjutkan dorongannya untuk beatifikasi Mgr. Profittlich. Uskup Jesuit Jerman itu menjabat sebagai Administrator Apostolik Estonia dari tahun 1931. Ia dideportasi ke Siberia dan menjadi martir di penjara Soviet di Kirov pada tanggal 22 Februari 1941.

Penyebabnya untuk beatifikasi saat ini sedang berliku di Kongregasi Penggelaran Kudus, setelah menyelesaikan fase di tingkat keuskupan pada akhir 2019. Mgr. Profittlich kini bergelar Venerabilis. Kehidupannya memberikan kesaksian iman yang mengharukan bagi orang-orang Estonia saat ini, serta bagi umat Katolik lebih jauh.

Martir besar Gereja

Menjelang peringatan 80 tahun kematiannya, Administrasi Apostolik Estonia menyelenggarakan konferensi online pada Selasa malam untuk menawarkan pembaruan tentang proses beatifikasinya. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pemimpin Gereja, Jesuit, dan umat Katolik awam yang tertarik dengan kehidupan dan kesaksian Profittlich. Dimoderatori oleh Fr. Stephan Lipke, SJ, dengan Institut St. Thomas yang dikelola Yesuit di Moskow, yang menjadi tuan rumah bersama konferensi tersebut.

Uskup Agung Paolo Pezzi, Metropolitan Moskow, memulai webinar dengan menyebutnya sebagai kesempatan untuk merayakan kehidupan “martir besar Gereja.” Dia mengatakan Mgr. Profittlich termasuk di antara para Uskup besar yang telah melayani dan meninggal di wilayah bekas Uni Soviet, menambahkan bahwa dia menawarkan kepada umat beriman di seluruh dunia contoh yang sangat baik tentang “apa artinya menjadi Katolik.”

Berbicara dari Tallinn, hanya beberapa meter dari tempat pelayanan pendahulunya, Mgr. Philippe Jourdan, Administrator Apostolik Estonia saat ini, mengungkapkan harapannya bahwa proses beatifikasi akan menawarkan kehidupan baru bagi upaya evangelisasi Gereja lokal. Mgr. Profittlich, katanya, adalah tokoh yang sangat terkenal di Estonia selama masa hidupnya, bahkan di antara mayoritas Lutheran di negara itu, yang berjumlah sekitar 78 persen dari populasi pada 1930-an. Sebagai warga negara Jerman, Mgr. Profittlich ditawari kesempatan untuk meninggalkan Estonia setelah jatuh ke tangan Uni Soviet pada 1940.

“Teladan Uskup Agung Profittlich sangat penting bagi masyarakat Estonia, terutama fakta bahwa ia memilih untuk tinggal di Estonia untuk berbagi nasib dengan begitu banyak orang Estonia.”

Lebih dari 20.000 orang Estonia dideportasi ke kamp penjara Soviet selama tahun 1940-an. Presiden Estonia Alar Karis bahkan baru-baru ini bertanya tentang proses beatifikasi Mgr. Profittlich, dengan mengatakan bahwa dia mengikutinya “dengan sangat gembira.”

Panggilan misionaris

Maria Chiara Dommarco, seorang sejarawan Katolik di Rusia pada masa pemerintahan Lenin dan Stalin, menawarkan tinjauan tentang tujuan Vatikan untuk menginjili Soviet Rusia, terutama selama masa kepausan Benediktus XV dan Pius XI.

Dia mengatakan bahwa Mgr. Profittlich menunjukkan keinginan yang kuat untuk mengambil jubah misionaris itu. Dia akhirnya dikirim ke Estonia, di mana dia melayani Gereja dengan sepenuh hati dan menjalin dialog yang bermanfaat dengan orang-orang Kristen Ortodoks dan Protestan.

“Kelekatan bebas dan sadar Jesuit pada panggilannya, bahkan sampai menyaksikan kemartiran, lahir dan berkembang dalam dialog (dimediasi dan kemudian langsung) dengan otoritas Takhta Suci.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini