Seorang Imam Hampir Saja Memenangi Master Chef Uruguay, Saat Ia Menyajikan Hidangan Penutup Kegemaran St. Yohanes Paulus II

0
1230
Pastor Juan Andrés Verde (ketiga dari kiri) saat mengikuti kompetisi Master Chef Uruguay. Ig:Masterchefuruguay

URUGUAY, Pena Katolik – Pastor Juan Andrés Verde berhasil mencapai babak final kompetisi memasak terkenal Master Chef Uruguay. Ia menjadi kontestan bersama banyak kandidat berbakat. Untuk ronde terakhir, pada 10 Desember 2021, dia mengakhiri tantangan memasak tiga hidangan dengan sentuhan misionaris yang luar biasa.

Pada babak akhir itu, ia memutuskan untuk membuat kue favorit Paus Yohanes Paulus II yang biasa disantap sebagai hidangan pencuci mulut “papal millefeuille,” Papieska Kremowka yang terkenal.

“Makanan penutup adalah titik lemah saya, tetapi Paus Yohanes Paulus II dapat menyelamatkan saya,” ujar Pastor Verde mengakui sambil tertawa.

Pastor Verde menambahkan bahwa dia ingin menyiapkan makanan penutup untuk Paus Fransiskus suatu hari nanti.  Meski tidak memenangkan kompetisi tersebut, Pastor Verde keluar sebagai “pemenang”. Ia senang bisa menularkan, melalui hasratnya untuk memasak, imannya kepada Kristus.

“Saya ingin mencoba menyampaikan pesan dengan setiap kursus. Dengan yang pertama (“vitel tone,” hidangan Natal tradisional di wilayah tersebut, Ed.), pentingnya keluarga, Natal bersama Yesus. Selanjutnya, dengan polenta surf dan turf, saya ingin membuat sesuatu yang bisa hadir di rumah mana pun.”

Dengan makanan penutup, ia ingin memberi penghormatan kepada Yohanes Paulus II, yang “menginjil keliling dunia di darat dan laut. Saya pikir saya ada di sana sedikit untuk itu, untuk menginjili. Itu sebabnya dia menginspirasi saya. Alasan kehadiran saya dalam program semacam itu adalah untuk mencoba, dengan cara Uruguay, untuk menularkan Kristus.”

Awalnya, motivasi Pastor Verde untuk berpartisipasi dalam kompetisi adalah untuk mengumpulkan uang untuk membantu orang miskin di lingkungan Santa Eugenia di ibu kota Uruguay, Montevideo.

Meskipun dia tidak memenangkan kompetisi, ia lalu mempublikasikan motivasi ini dan dia mengatakan bahwa seorang donor bersedia memberi jumlah uang yang sama yang akan dia terima sebagai hadiah uang jika dia memenangkan kompetisi.

Pastor Verde adalah imam Keuskupan Agung Montevideo. Ketika pulang dari kompetisi ini, dia menerima sambutan pahlawan dari orang-orang di sekitarnya.

“Saya senang bisa memenuhi tujuan lingkungan, bertemu orang-orang baik, dan bisa dengan rendah hati meninggalkan pesan kebahagiaan, harapan dan keyakinan. Itu mungkin! Itu selalu mungkin! Dengan bantuan Tuhan,” kata Pastor Verde.

“Saya ingin memberi tahu semua orang: hidup itu berharga! Semoga Tuhan memberkati Anda semua dengan berlimpah! Kita tidak akan berhenti sampai kita mencapai Surga,” seruan ini adalah moto yang sering dia ulangi selama kompetisi Master Chef Uruguay.

Percaya atau tidak, Pastor Verde memberi tahu Aleteia bahwa dia mengetahui tentang makanan penutup dalam sebuah artikel oleh Aleteia.

Sebelum kompetisi memasak, Pastor Verde dikenal di media internasional. Sebelum masuk seminari, ia bermain rugby untuk tim rugby pemuda nasional Uruguay dalam kompetisi dunia di Irlandia dan Jepang. Pentahbisannya pada tahun 2017 menjadi berita, dan ia memiliki puluhan ribu pengikut di media sosial.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here