31.1 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Perayaan 200 Tahun Gereja Katolik di Singapura

BERITA LAIN

More
    Misa di Katedral Gembala Baik Singapura. IST

    SINGAPURA, Pena Katolik – Umat ​​Katolik di Singapura akan menandai penutupan perayaan selama setahun dari peringatan 200 tahun kehadiran Gereja di negara kota itu dengan festival selama seminggu.

    Perayaan dua abad, yang dikenal sebagai Catholic200SG Festival, akan dimulai pada 4 Desember dan diakhiri dengan Misa bersamaan di semua 32 gereja Katolik di Singapura pada 11 Desember.

    Gereja akan mengatur sekitar 100 kegiatan di dalam area Katedral Gembala yang Baik, Gereja Saints Peter dan Paul di Queen’s Street, Gereja St. Joseph di Victoria Street dan Catholic Center di Waterloo Street — area yang secara kolektif disebut sebagai Distrik Misi.

    Kegiatan-kegiatan tersebut akan diisi dengan pertunjukan seni, seminar, dan kegiatan rohani serta doa bersama. Perayaan ini menawarkan sesuatu untuk semua orang dari muda hingga dewasa dan keluarga hingga religius, dengan tujuan untuk menghadirkan seperti apa menjadi seorang Katolik di Singapura.

    Pastor Valerian Cheong, ketua bersama komite pengarah Catholic200SG, mengatakan bahwa mengorganisir kegiatan Yobel di Distrik Misi memiliki relevansi yang besar.

    “Kami ingin membawa kegiatan ke bagian kota ini karena daerah ini sangat penting bagi kami,” kata imam itu.

    Gereja Singapura memulai tahun Yobel pada 13 Desember tahun lalu dengan Misa virtual yang dirayakan oleh Uskup Agung Goh. Mission District adalah jantung komunitas Katolik awal namun berkembang yang berakar saat Singapura mulai berkembang karena perdagangan, katanya.

    Di bagian kota inilah berbagai kelompok dialek Tionghoa, komunitas berbahasa India dan Eropa datang untuk beribadah dan saling membantu di masa-masa sulit. Itu juga merupakan daerah di mana banyak sekolah Katolik didirikan, tambahnya.

    Pada hari terakhir festival, Uskup Agung William Goh dari Singapura akan merayakan Misa utama pada pukul 6 sore di Katedral Gembala yang Baik, gereja Katolik tertua di negara itu. Bunyi lonceng gereja secara serentak di seluruh pulau selama satu menit akan menandai penutupan tahun Yobel.

    Di antara para pejabat tinggi yang akan menghadiri Misa ulang tahun adalah Perdana Menteri Lee Hsien Loong. Nunsius apostolik, Uskup Agung Marek Zalewski, akan berkonselebrasi dalam Misa.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI