34.8 C
Jakarta
Sunday, May 5, 2024

Maïti Girtanner yang Berdoa Selama 40 Tahun untuk Memaafkan Tentara Nazi yang Menyiksanya

BERITA LAIN

More
    Maïti Girtanner. IST

    PARIS, Pena Katolik – Ini adalah kisah tentang seorang wanita muda, seorang pianis berbakat, yang, setelah invasi Nazi ke Prancis, mulai bekerja untuk Perlawanan. Penangkapan dan penyiksaan berikutnya di tangan Gestapo membuatnya cacat dan kesakitan akut selama sisa hidupnya. Tak perlu dikatakan, dia tidak dapat memenuhi keinginan hatinya untuk menjadi pianis konser.

    Dalam dekade-dekade berikutnya, Maïti Girtanner, seorang Kristen yang taat, bergumul dengan kemarahan dan perasaan balas dendam yang ditinggalkan oleh siksaannya. Sedikit yang dia tahu bahwa dokter Nazi yang menyiksanya juga selamat dari Perang Dunia Kedua. Terlebih lagi, dia tidak dapat mengantisipasi bahwa 40 tahun setelah pertemuan pertamanya dengan dokter, jalan mereka akan bertemu sekali lagi.

    Pada bulan Maret 2014, sebuah berita kematian muncul di The Times yang menceritakan kematian Maïti Girtanner baru-baru ini. Wanita kelahiran Swiss ini dan kisahnya tidak begitu dikenal oleh penonton berbahasa Inggris. Kisah itu datang dari era lain, tahun-tahun menyakitkan Perang Dunia Kedua, bagaimanapun, obituari menceritakan kisah Girtanner untuk zaman kita. Ini adalah kisah penderitaan manusia, dan tanggapan terhadapnya. Kisahnya mengingatkan kita sekali lagi tentang satu-satunya “pelarian” sejati dari penderitaan itu dan sisa-sisanya yang menyakitkan.

    Ketika tentara Hitler merebut Paris pada tahun 1940, Marie Louise Alice Eleonore, yang dikenal sebagai Maïti Girtanner berusia 18 tahun. Dia dilahirkan dalam keluarga musisi. Sejak awal dia menunjukkan bahwa dia juga adalah seorang musisi berbakat, konser pertamanya terjadi pada usia sembilan tahun. “Saya tahu sejak usia muda bahwa jalan saya telah ditandai untuk saya. Saya dimaksudkan untuk menjadi seorang pianis; musik adalah hidupku.”

    Namun, dari musim panas 1941, Girtanner terlibat dalam jaringan rahasia. Saat itu dia membantu Perlawanan Prancis. Dia memberikan resital piano untuk elit Nazi yang kemudian menduduki Prancis. Sementara dia melakukannya, bagaimanapun, dia mengumpulkan informasi intelijen untuk pihak Prancis dalam memerangi pendudukan Jerman. Tanpa diduga, dia ditangkap pada Oktober 1943. Dia kemudian dibawa ke pusat penahanan untuk anggota Perlawanan yang ditangkap di Hendaye.

    Di pusat inilah Girtanner disiksa oleh seorang dokter muda Nazi, yang dikenal sebagai Leo. Dengan melakukan itu, dia merusak sistem saraf pusatnya. Akibatnya, dia tidak akan pernah bisa bermain piano lagi.

    Pada Februari 1944, dia masih dipenjara dan sekarang hampir tidak bisa berdiri tanpa bantuan. Saat itulah dia diselamatkan dari cobaannya dengan kedatangan Palang Merah dan kemudian dirawat di rumah sakit.

    Sisa hidupnya dihabiskan dalam rasa sakit kronis. Meskipun tidak bisa bermain piano, keinginan kuat Girtanner untuk membuat musik sekali lagi tidak pernah hilang darinya. Selain itu, sebagai akibat dari penyiksaannya, dia juga ditolak kemungkinannya untuk memiliki keluarga, atau menjalani kehidupan normal seperti yang dia nikmati sebelum tahun 1940. Perlahan-lahan, dia menyadari kenyataan bahwa selama sisa hidupnya, tanda-tanda penyiksaannya akan membatasi keberadaan fisiknya.

    Selalu taat, setelah itu, dia semakin berpegang teguh pada imannya. Ia lalu bergabung menjadi anggota Ordo Ketiga Dominikan. Dalam sebuah surat yang dia tulis kepada seorang teman, dia hanya mengatakan bahwa: “Saya tidak akan membuat tragedi dalam hidup saya.”

    Kisah Girtanner sejauh ini luar biasa dalam banyak hal. Hidupnya menjadi lebih baik selama tahun-tahun setelah perang ketika dia merenungkan apa yang telah menimpanya. Di tingkat lain dia sadar bahwa dia menghadapi pilihan: menjalani kehidupan yang terus membenci pria yang telah membuatnya cacat atau memilih untuk memaafkannya. Dia mulai memahami bahwa pengampunan tidak pernah bisa menjadi sekadar ide intelektual; sebaliknya, itu pasti sesuatu yang ditujukan kepada seseorang.

    Dia menulis: “Pengampunan tidak muncul secara abstrak; itu memanggil seseorang kepada siapa itu dapat ditujukan, seseorang kepada siapa itu dapat diterima.” Dia mulai berdoa untuk para penculiknya dan, khususnya, untuk dokter muda yang telah menyiksanya.

    Pada tahun 1984, sama tidak terduganya dengan penangkapannya pada tahun 1943, Girtanner dihubungi oleh Leo, mantan dokter Nazi.

    Leo sekarang sudah tua dan sakit. Setelah baru-baru ini didiagnosis dengan penyakit terminal, dia takut mati. Dia ingat wanita muda Kristen yang, bahkan ketika dia menyiksanya, telah berpegang teguh pada kepercayaannya pada Tuhan dan surga.

    Leo menulis menanyakan apakah Girtanner masih percaya pada hal-hal seperti itu. Dia menulis kembali dan mengatakan kepadanya bahwa dia masih percaya. Hal ini menyebabkan komunikasi lebih lanjut, paling tidak tentang apa yang terjadi di antara mereka sekitar 40 tahun sebelumnya.

    Leo pun berangkat mengunjungi Girtanner. Kenangan menyakitkan apa yang disebabkan oleh korespondensi mereka, Girtanner, orang hanya bisa menebak pikiran dan emosi yang dia alami saat dia menunggu tamunya. Namun, mungkin, dia juga tahu bahwa pertemuan kedua ini akan sama menentukannya bagi dia dan Leo seperti 40 tahun pertama mereka sebelumnya.

    Ketika mantan dokter itu tiba di rumah mantan “pasiennya”, dia memohon pengampunannya. Dia mengambil kepalanya di tangannya dan menciumnya. Kemudian sambil memeluknya, dia memaafkannya.

    Kemudian pada saat itu dia berkata: “Saya memeluknya untuk menjatuhkannya ke dalam hati Tuhan. Dan [saat saya melakukannya] dia bergumam: ‘Maafkan saya.’”

    Hadiah apa pun yang diberikan kepada Leo hari itu, hadiah lain yang lebih besar diberikan kepada Girtanner. Dia telah berdoa selama 40 tahun untuk kekuatan untuk memaafkan. Karena dia tahu bahwa, dengan tindakan itu, dia juga akan dibebaskan. Tentang hari itu dia kemudian akan berkata: “Memaafkan dia membebaskan saya.”

    Dalam pertemuan yang sama sekali tak terduga pada tahun 1984 itu, doa-doa Maïti Girtanner secara aneh dijawab.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI