28.3 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Paus Fransiskus: Yesus Sangat Marah

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat memberkati seorang anak kecil dalam sebuah acara di Aula Paulis VI Vatikan. (Laudatosimovement.org)

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mencatat bahwa Yesus sangat marah dalam pembacaan Injil. Apa yang paling mengejutkan tentang kemarahan-Nya, lanjut Paus, adalah bahwa “bukan disebabkan oleh orang-orang Farisi yang menguji Dia dengan pertanyaan tentang legalitas perceraian, tetapi oleh murid-murid-Nya. Para murid melindungi Dia dari kerumunan orang, namun memarahi beberapa anak yang dibawa kepada Yesus”.

    Paus menyampaikan ini saat memberi renungan dalam Doa Angelus di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Minggu 3 Oktober 2021. Paus bertanya, Mengapa Tuhan marah kepada mereka yang mengambil anak-anak dari-Nya daripada dengan mereka yang berdebat dengan-Nya?

    Paus mengingatkan bahwa Yesus mengajarkan bahwa “tepatnya anak-anak kecil, yaitu mereka yang bergantung pada orang lain, yang membutuhkan dan tidak dapat memberi kembali, yang harus dilayani terlebih dahulu”. Mereka yang mencari Tuhan menemukan Dia di sana, dalam diri anak-anak kecil, pada mereka yang membutuhkan, jelas Paus.

    Hari ini Tuhan mengambil ajaran ini dan melengkapinya, menambahkan “barangsiapa tidak menerima Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, tidak akan masuk ke dalamnya” (Mrk 10:15). Paus menjelaskan bahwa kebaruan terletak di sini: “Murid tidak hanya harus melayani yang kecil, tetapi mengakui dirinya sebagai yang kecil”. Mengetahui diri sendiri menjadi kecil sangat diperlukan untuk menyambut Tuhan, tambah Paus.

    Paus melanjutkan dengan mengatakan bahwa dengan mengenali diri sendiri sebagai kecil, kita kemudian menjadi besar. Tidak begitu banyak dalam kesuksesan, lanjutnya, “tetapi di atas semua itu di saat-saat perjuangan dan kerapuhan”. Topeng kedangkalan sedang jatuh dan kerapuhan radikal kita muncul kembali, lanjut Paus Fransiskus, menggambarkannya sebagai “harta kita” karena “kerapuhan dengan Tuhan bukanlah hambatan, tetapi peluang”.

    Doa untuk Myanmar

    Paus Fransiskus pada hari Minggu berdoa, sekali lagi, untuk Myanmar. Berbicara kepada mereka yang berkumpul untuk Angelus di Lapangan Santo Petrus, dia memohon dari Tuhan “karunia perdamaian” untuk “tanah tercinta” yang telah menderita melalui begitu banyak rasa sakit dalam beberapa tahun terakhir.

    Paus berdoa agar “tangan mereka yang tinggal di sana tidak lagi menghapus air mata rasa sakit dan kematian, tetapi dapat bergabung bersama untuk mengatasi kesulitan dan bekerja sama untuk datangnya perdamaian.”

    Enam bulan lalu militer menguasai pemerintahan di Myanmar. Sejak itu, para pengunjuk rasa turun ke jalan, dalam apa yang sering menjadi protes mematikan. Min Aung Hlaing adalah pemimpin kudeta dan telah menerima kecaman dan sanksi internasional atas dugaan perannya dalam serangan militer terhadap etnis minoritas. Sejak kudeta, lebih dari 200.000 orang telah mengungsi.

    Perlakuan Myanmar terhadap minoritas Rohingya telah dikutuk secara internasional. Myanmar menganggap mereka imigran ilegal dan menolak kewarganegaraan mereka. Selama beberapa dekade, banyak yang melarikan diri dari negara itu untuk menghindari penganiayaan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI