30.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Gereja Menyerukan Pembentukan Tim Investigasi Independen untuk Menyelidiki Pembunuhan Tenaga kesehatan di Pegunungan Bintang

BERITA LAIN

More
    Kebakaran akibat penyerangan di Pegunungan Bintang yang menyebabkan terbunuhnya tenaga kesehatan yang bertugas di tempat itu. (ISt)

    PAPUA, Pena Katolik – Pastor Dekan Dekenat Pegunungan Bintang (Pegubin), Keuskupan Jayapura, Romo James Kossay meminta berbagai pihak yang peduli pada peristiwa pembakaran dan pembunuhan tenaga kesehatan di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua membentuk tim dan melakukan investigasi independen.

    Romo Kossay menilai investigasi independen ini penting untuk meletakkan duduk persoalan dan menghindari opini bebas di media masa. “Bagi saya informasi yang beredar sangat sepihak. Kita perlu informasi dari investigasi sebelum ambil tindakan,” ungkap Romo Kossay di Oksibil, Pegunungan Bintang, Senin 20 september 2021.

    Saat ini menuurut Romo Kossay, informasi yang beradar di masyarakat banyak versi. Versi peristiwa itu akibat kekecewaan atas pembangunan, pelayanan kesehatan yang dengan melontarkan stigma, dari lawan politik dengan pemerintahan kabupaten yang berkuasa hingga kelompok binaan pihak-pihak yang berpentingan.

    Romo Kossay juga mensinyalir, perbedaan informasi yang beredar di media pemberitaan dengan versi dari ihak pemerintah Indonesia melalui aparat keamanan dan kelompok militer pro kemerdekaan juga berpendapat. TPNPB pun mengklaim peristiwa itu bagian dari revolusi tahapan kemerdekaan Papua.

    “Ada video anak-anak yang beredar. Apakah benar mereka itu anak-anak yang berjuang di hutan? Saya tidak yakin mereka yang melakukan itu,” ungkap Romo Kossay.

    Akibat pendapat yang berbeda, Romo Kossay melihat simpang siur ini menyebabkan masalah menjadi kabur. Opini liar pun terbangun bebas di media. Semua orang bicara dari sudut padangnya sendiri tanpa tahu akar masalahnya. Masalah sebab akibat pembakaran dan pembununnan itu.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI