Foto arsip dari Uskup Pembantu Owerri Mgr Moses Chikwe
Foto arsip dari Uskup Pembantu Owerri Mgr Moses Chikwe

Menurut pernyataan Keuskupan Agung Owerri, yang diberikan kepada Vatican News, Uskup Pembantu Owerri, Nigeria, Mgr Moses Chikwe dan sopirnya Robert Ndubuisi yang diculik, telah dibebaskan di malam Tahun Baru, 1 Januari.

“Dengan rasa syukur kepada Tuhan, dengan ini saya informasikan kepada semua umat beriman Kristus dan orang-orang berkehendak baik di mana pun bahwa sekitar pukul 10:00, tanggal 1 Januari 2021, Mgr Moses Chikwe dan Ndubuisi Robert, sopirnya, yang diculik Minggu malam, 27 Desember 2020, akhirnya dibebaskan. Saya pribadi mengunjungi dan melihat Mgr Chikwe di kediamannya sekitar pukul 22.45. Dia terlihat sangat lemah dari pengalaman traumatis itu,” kata Uskup Agung Owerri Mgr Anthony Obinna.

Namun demikian, lanjut Mgr Obinna, “kami tetap berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kebaikan-Nya kepada kami. Saat kunjungan saya, Ndubuisi Robert, sang supir, tidak ada karena ia segera dibawa ke rumah sakit untuk perawatan luka dalam di tangannya yang dilakukan para penculik.”

Dalam sambutan setelah doa Angelus pada Tahun Baru, Paus Fransiskus mengimbau agar Uskup Chikwe dan sopirnya dibebaskan. Paus meminta umat beriman agar, “ikut dalam doa Keuskupan Agung Owerri di Nigeria untuk Uskup Moses Chikwe dan sopirnya,” yang diculik 27 Desember. “Kami memohon kepada Tuhan agar mereka dan semua yang jadi korban tindakan serupa di Nigeria bisa pulang tanpa cedera menuju kebebasan dan agar negara tercinta bisa memperoleh kembali keamanan, kerukunan dan perdamaian,” pinta Bapa Suci.

“Saya dengan tulus berterima kasih kepada Bapa Suci Paus Fransiskus karena telah menyebutkan penahanan Mgr Moses Chikwe dan Ndubuisi Robert dan berdoa untuk pembebasan mereka pada Pesan Angelus Tahun Baru di Vatikan hanya beberapa jam sebelum mereka mendapatkan kembali kebebasan mereka,” kata Mgr Obinna.

Awal pekan ini, kekuatiran meningkat atas kesejahteraan Mgr Chikwe dan sopirnya ketika sebuah posting berita palsu berbicara tentang penemuan jenazah Mgr Chikwe. Keuskupan Agung Owerri dipaksa untuk segera meyakinkan umat beriman bahwa, “Informasi ini belum dikonfirmasi, menyesatkan dan tidak datang dari Keuskupan Agung Katolik Owerri.”

Sementara itu, Mgr Obinna berterima kasih kepada Pemerintah Negara Bagian Imo dan Negara Bagian Anambra, Nigeria, bersama dengan bidang keamanan mereka atas upaya mereka untuk membebaskan Mgr Chikwe dan sopirnya.

“Dengan penuh syukur saya akui bahwa Pemerintah Negara Bagian Imo melalui Direktorat Layanan Keamanan dan Pasukan Anti Penculikan Kepolisian Nigeria serta Pemerintah Negara Bagian Anambra melalui Kepala Kantor Keamanan Negara Bagian menggabungkan upaya mereka untuk membebaskan Mgr Chikwe dan Ndubuisi Robert, sopirnya.”

Saat mengkonfirmasi pembebasan mereka, juru bicara Komando Polisi Negara Bagian, Orlando Ikeokwu, mengatakan bahwa uskup dan sopirnya dibebaskan tanpa cedera dan tanpa uang tebusan, berkat operasi polisi di Negara Bagian Imo.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait

Orang yang bersenjata menculik Uskup Pembantu Keuskupan Owerri Mgr Moses Chikwe

ACN umumkan satu dari empat frater Nigeria yang diculik telah dibunuh tiga dibebaskan

Imam Katolik yang diculik dibebaskan di Nigeria


Warning: A non-numeric value encountered in /home/martinus/public_html/pena/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

1 komentar

Tinggalkan Pesan