Paus berdoa bagi korban banjir di India bagian selatan (ANSA)
Paus berdoa bagi korban banjir dan pengungsi di India bagian selatan (ANSA)

Darurat banjir musim hujan di negara-negara bagian di India bagian selatan belum berakhir. Baru-baru ini, Kerala mengeluarkan peringatan banjir yang mengumumkan akan ada lagi banyak hujan lebat di daerah-daerah yang sudah hancur akibat banjir dan tanah longsor beberapa hari terakhir.

Hampir 300 orang dikonfirmasi tewas secara nasional. Lebih dari 1,2 juta lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka di negara-negara bagian Kerala, Karnataka, Maharashtra, dan Gujarat.

Setelah doa Angelus, 15 Agustus 2019, Paus Fransiskus berdoa untuk para korban dan pengungsi, dan bagi semua keluarga yang kehilangan tempat tinggal. “Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada mereka dan kepada semua orang yang membantu mereka,” kata Paus.

Lembaga-lembaga Gereja bekerja bersama organisasi-organisasi darurat setempat. Di Kerala saja, sudah 300 institusi gereja diubah menjadi kamp bantuan sementara. Sementara itu, India telah mengerahkan unit-unit dari ketiga cabang angkatan bersenjata, angkatan darat, laut dan udara, untuk bekerja bersama tim-tim bantuan lokal guna mengkordinasikan operasi pencarian dan penyelamatan.

Juga setelah Angelus, Paus memberkati sekitar 6.000 rosario yang disiapkan oleh “Bantuan untuk Gereja yang Membutuhkan” untuk umat Katolik di Suriah. Rosario-itu, kata Paus, “akan dibagikan kepada komunitas-komunitas Katolik di Suriah, sebagai tanda kedekatan saya, khususnya kepada keluarga-keluarga yang kehilangan seseorang karena perang. Doa yang disampaikan dengan iman yang sangat kuat,” kata Paus. “Kami terus berdoa rosario untuk perdamaian di Timur Tengah dan di seluruh dunia,” lanjut Paus. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait:

Paus Fransiskus belasungkawa untuk lebih dari 180 orang korban banjir di India

Paus menyalakan lilin untuk perdamaian di Suriah

Tiga hadiah Natal untuk Suriah makanan sanitasi dan pendidikan

Paus salami yang hadir dalam Doa Ratu Surga dan serukan perdamaian di Suriah

Tinggalkan Pesan